Peningkatan Pendidikan Adab Cukup Umur Dalam Keluarga Muslim Di Kala Modern (Pai-62)

loading...

Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh tanggapan dari perkembangan global dan kemajuan IPTEK, pendidikan masa sampaumur yang penuh emosi dengan kondisi jiwa yang goyah, tidak menentu dan biasanya susah mengendalikan diri sehingga pengaruh-pengaruh negatif ibarat perilaku-perilaku menyimpang tanggapan dari pergeseran nilai simpel menghipnotis jiwa sampaumur dan menjadikan tanda-tanda gres berupa krisis akhlak.
Rumusan duduk kasus dalam penulisan skripsi ini yaitu (1) Bagaimana konsep pendidikan etika sampaumur dalam keluarga muslim diera modern ? (2) Bagaimana taktik dalam meningkatkan pendidikan etika sampaumur dalam keluarga muslim di abad modern ?

Skripsi ini bermanfaa bagi penulis untuk menambah wawasan contoh pikir, sikap dan pengalaman sebagai upaya peningkatan kualitas profesi sebagai pengajar. Bagi sampaumur penelitian ini sanggup dijadikan masukana untuk memperdalam pengetahuan wacana etika sampaumur yang dalam masa transisi, sehingga tidak mengalami krisis etika dalam kehidupannya baik keluarga, sekolah maupun di lingkungan masyarakat. Bagi peneliti di masa hadir  penelitian ini sanggup dipakai sebagai materi kajian penunjang dan materi pengembang perancangan penelitian dalam mereview kaitannnya dengan pendidikan etika remaja. Bagi sekolah tinggi tinggi penelitian ini sanggup dimanfaatkan oleh STAIN (Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri) Tulungagung sebagai materi masukan dan santunan aliran untuk tercapainya tujuan pendidikan agama Islam.
Dalam penelitian ini memakai metode kepustakaan yang terdiri dari : variabel penelitian yaitu pendidikan etika remaja, data dan sumber data yaitu : data primer yang diperoleh dari buku, jurnal dan karya ilmiah; b. data sekunder yang diperoleh dari buku psikologi remaja, psikologi agama, psikologi perkembangan, metodologi penelitian kualitatif, metodologi riset, mekanisme penelitian suatu pendekatan praktik, dan psikologi pendidikan; metode pengumpulan data dilakukan dengan melalui beberapa tahap yaitu mengumpulkan, memilih, dan membaca materi pustaka, mencatat isi materi pustaka, mengklasifikasikan dari sari isi goresan pena dengan merujuk pada rumusan masalah, tehnik analisis data yang memakai analisa data deduktif dan induktif, mekanisme penelitian.
Hasil dari penelitian yaitu (1) Konsep pendidikan etika sampaumur dalam keluarga muslim di abad modern menitik beratkan pada segi pembentukan etika anak sehingga terwujudnya kepribadian muslim yang sejati. (2) Strategi dalam meningkatkan pendidikan etika anak sampaumur dalam keluarga muslim diera modern yaitu meningkatkan pendidikan etika sampaumur yang lebih ditekankan pada kualitas pendidikan agama islam yaitu meliputi: mengenal Allah dan ciptaannya guna mempertebal doktrin dan keyakinannya, mengenal diri dan lingkungannya, memelihara kekerabatan dengan Allah dengan insan dalam tatanan hidup bermasyarakat dan berbangsa, serta kekerabatan dengan alam lingkungan.
0 Komentar untuk "Peningkatan Pendidikan Adab Cukup Umur Dalam Keluarga Muslim Di Kala Modern (Pai-62)"

Back To Top