Analisis Efek Dana Pihak Ketiga (Dpk), Capital Adequacy Ratio ( Car ), Dan Non Performing Loan ( Npl ) Terhadap Penyaluran Kredit Perbankan (Studi Pada Bank Persero Di Indonesia Kurun 2003 – 2010) (Bank-22)

loading...
Perbankan ialah bab yang sangat penting dalam perekonomian, salah satunya sebagai forum intermediasi yang tugasnya menghimpun dana dari masyarakat dan menyalurkannya kembali dalam bentuk kredit. Tujuan penelitan ini yaitu untuk mengetahui sejauh mana hubungan Dana Pihak Ketiga (DPK), Capital Adequacy Ratio (CAR), dan Non Performing Loan (NPL) terhadap besarnya penyaluran kredit pada Bank Persero di Indonesia. Variable independen yang dipakai dalam penelitian ini yaitu Dana Pihak Ketiga (DPK), Capital Adequacy Ratio (CAR), dan Non Performing Loan (NPL)  sedangkan Variable dependen yang dipakai dalam penelitian ini yaitu penyaluran kredit.
Penelitian ini memakai Bank Persero di Indonesia sebagai obyek penelitian, dengan era penelitian dari tahun 2003-2010. Data yang dipakai dalam penelitian ini diperoleh dari Laporan Keuangan Publikasi Bank Persero era 2003-2010. Metode analisis data yang dipakai yaitu regresi linier berganda dengan tingkat signifikansi 5%, sementara uji hipotesis memakai uji - t untuk menguji dampak variabel secara parsial. Selain itu juga dilakukan uji perkiraan klasik yang mencakup uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi.
Dari hasil analisis mengatakan bahwa selama era pengamatan mengatakan bahwa data penelitian berdistribusi normal. Berdasarkan uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi tidak ditemukan variabel yang menyimpang dari perkiraan klasik. Hal ini mengatakan data yang tersedia sudah memenuhi syarat memakai model persamaan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini mengatakan bahwa secara parsial variable DPK signifikan konkret terhadap penyaluran kredit, sedangkan CAR dan NPL tidak mengatakan dampak signifikan terhadap penyaluran kredit. Kemampuan prediksi dari ketiga variabel tersebut terhadap penyaluran Kredit yaitu 57,2% sebagaimana ditunjukkan oleh besarnya adjusted R2, sedangkan sisanya 43,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukkan kedalam model penelititan.


Kata Kunci : Penyaluran Kredit Perbankan, Dana Pihak Ketiga (DPK), Capital Adequacy Ratio (CAR), dan Non Performing Loan (NPL).
Tag : Perbankan
0 Komentar untuk "Analisis Efek Dana Pihak Ketiga (Dpk), Capital Adequacy Ratio ( Car ), Dan Non Performing Loan ( Npl ) Terhadap Penyaluran Kredit Perbankan (Studi Pada Bank Persero Di Indonesia Kurun 2003 – 2010) (Bank-22)"

Back To Top