Peranan Guru Dalam Menanamkan Aqidah Di Taman Pendidikan Qur’An (Tpq) “At-Taubah” Desa Ringinpitu Kec. Kedungwaru (Pai-58)

loading...

Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa belum dewasa di TPQ “At-Taubah” masih ada yang berperilaku melanggar nilai-nilai agama. melaluiataubersamaini hal ini penulis menghubungkan duduk perkara sikap anak dengan peranan guru dalam menanamkan aqidah di TPQ “At-Taubah” desa Ringinpitu. Karena masih adanya kesentidakboleh antara kenyataan dan harapan.
            Fokus penelitian dalam skripsi ini ialah : (1) Bagaimana bentuk peranan guru dalam menanamkan aqidah pada anak? (2) Apa saja faktor-faktor yang menjadi penunjang peranan guru dalam menanamkan aqidah pada anak? (3) Apa saja faktor-faktor yang menjadi penghambat peranan guru dalam menanamkan aqidah pada anak?
Skripsi ini bermanfaa bagi penulis untuk menambah wawasan contoh pikir, sikap dan pengalaman sebagai upaya peningkatan kualitas profesi sebagai pengajar. Bagi TPQ “At-Taubah”, sebagai santunan pemikiran dalam rangka training dan peningkatan mutu pengajaran, baik bagi para guru maupun forum pendidikan. Bagi para pembaca sebagai materi masukan atau rujukan yang cukup berarti.

Dalam penelitian ini dipakai metode kualitatif, pengumpulan data dengan hasil wawancara, observasi dan dokumentasi. Wawancara dipakai untuk memperoleh data wacana penanaman aqidah pada anak. Sedangkan observasi dan dokumentasi dipakai untuk menggali data wacana keadaan TPQ “At-Taubah” dan tingkah laris anak selama berada di TPQ “At-Taubah”.
Kesimpulan dalam penulisan skripsi ini ialah : (1) Peranan guru dalam menanamkan aqidah pada anak di TPQ “At-Taubah” diaplikasikan dalam banyak sekali bentuk mencakup keteladanan, kebiasaan, pengawasan, nasehat serta pemdiberian peringatan dan hukuman. (2) Faktor penunjang peranan guru dalam menanamkan aqidah pada anak di TPQ “At-Taubah” mencakup faktor keluarga, pendidikan dan faktor media informasi. (3) Faktor penghambat peranan guru dalam menanamkan aqidah pada anak di TPQ “At-Taubah” mencakup rendahnya pendidikan agama orang tua, kondisi lingkungan yang kurang akomodatif bagi terbentuknya aqidah dan akhlaq yang baik pada anak serta kurang aktifnya kehadiran guru sehingga menjadi tidak efektif dan efisien dalam memberikan materi.
 
Sesudah penulis mengadakan penelitian dengan memakai metode kualitatif diatas, peranan guru TPQ “At-Taubah” dalam menanamkan aqidah pada anak kurang begitu terbaik. sebab masih adanya kesentidakboleh antara guru dengan anak didik. Masih ada belum dewasa TPQ “At-Taubah” yang memiliki sikap yang melanggar nilai-nilai agama. Oleh sebab itu dibutuhkan kerjasama yang baik antara orang tua, guru dan lingkungan sekitar, biar anak sanggup memiliki akhlaq yang baik.
0 Komentar untuk "Peranan Guru Dalam Menanamkan Aqidah Di Taman Pendidikan Qur’An (Tpq) “At-Taubah” Desa Ringinpitu Kec. Kedungwaru (Pai-58)"

Back To Top