Perilaku Malas Berguru Mahasiswa Di Lingkungan Kampus Stain Tulungagung (Pai-61)

loading...

Latar belakang penelitian ini bahwa adanya sebuah fenomena dari sebagian mahasiswa STAIN Tulungagung yang mempunyai perilaku malas belajar. Sehubungan dengan duduk kasus ini peneliti memandang bahwa sikap malas berguru mahasiswa STAIN Tulungagung berkaitan dengan lingkungannya.
Rumusan duduk kasus dalam penelitian ini adalah: (1) apakah faktor-faktor penyebab malas berguru mahasiswa? (2) bagaimana bentuk-bentuk perilaku malas berguru mahasiswa?. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini ialah (1) mengetahui faktor-faktor penyebab malas berguru mahasiswa, (2) mengetahui bentuk-bentuk perilaku malas berguru mahasiswa.

Metode yang dipakai dalam penelitian ini ialah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Observasi dan wawancara dipakai untuk memperoleh data ihwal sikap malas belajar, adapun subjek dalam penelitian ini ialah mahasiswa STAIN Tulungagung.
Sesudah penulis mengadakan penelitian dengan memakai metode tersebut, penulis memakai analisis data dengan deskriptif kualitatif. Sesudah dianalisis, maka diperoleh kesimpulan, bahwa terdapat sikap malas belajar mahasiswa di lingkungan kampus STAIN Tulungagung, penyebab malas berguru mahasiswa muncul dari dalam diri mahasiswa itu sendiri (internal) dan dari luar (eksternal). Sebab internal antara lain alasannya lelah, kecapean, tidak adanya motivasi belajar. Sebab eksternal antara lain alasannya dosen yang kurang menarikdanunik dalam memberikan kuliah, kebiasaan kawan-kawan di kos yang juga jarang belajar. Di lingkungan kampus juga ditemukan bahwa ada sebagian mahasiswa yang malas belajar, dari banyak sekali teori yang ada bahwa lingkungan mempunyai imbas terhadap sikap dan sikap seseorang.
Skripsi ini bermanfaa bagi penulis untuk menambah wawasan pengetahuan ihwal rujukan pikir, sikap, dan pengalaman sebagai upaya untuk meningkatkan semangat belajar. Bagi STAIN Tulungagung sebagai pertolongan pedoman khazamah keilmuan dalam rangka training terhadap mahasiswa, baik para dosen maupun forum pendidikan untuk memperhatikan mahasiswanya.
0 Komentar untuk "Perilaku Malas Berguru Mahasiswa Di Lingkungan Kampus Stain Tulungagung (Pai-61)"

Back To Top