Pengaruh Penggunaan Media Gambar Terhadap Prestasi Mencar Ilmu Ipa-Biologi Siswa Sd Inpres Bertingkat Mamajang I Makassar (Pbio-11)

loading...
BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah
Pembangunan di bidang pendidikan sebagai salah satu bab dari pembangunan Nasional, perlu diwujudkan guna peningkatan dan kemajuan sektor pendidikan. Merosotnya kualitas pendidikan banyak menerima sorotan dari masyarakat, akseptor lulusan kependidikan, para pendidik dan pemerintah. Oleh alasannya yaitu itu pemerintah berupaya seterbaik mungkin mengadakan perbaikan dan penyempurnaan di bidang pendidikan. Sebagai langkah antisipasi, maka pendidikan banyak diarahkan pada penataan proses belajar, penerapan dan pemilihan media mencar ilmu secara tepat. Ketiruananya dimaksudkan untuk pencapaian hasil mencar ilmu seterbaik mungkin.

Belajar yaitu suatu proses yang kompleks yang terjadi pada tiruana orang dan berlangsung seumur hidup. Salah satu menandakan bahwa seorang sudah mencar ilmu suatu yaitu perubahan tingkah laris dalam dirinya. Perubahan tingkah laris tersebut menyangkut baik perubahan yang bersifat pengetahuan (kognitif) dan keterampilan (psikomotor) maupun yang menyangkut nilai dan perilaku (apektif).



Perubahan tersebut hendaknya terjadi sebagai akhir interaksi dengan lingkungannya melalui proses mencar ilmu mengajar. Dimana guru diberikan satu-satunya sumber belajar, walaupun tugas, peranan dan fungsinya dalam proses mencar ilmu menagajar sangatlah penting.
Melihat sedemikian kompleksnya dilema proses mencar ilmu mengajar dan kiprah guru, maka dalam pengembangan ilmu pengetahuan, khususnya dalam proses belajr mengajar perlu dikembangkan iklim kandusif yang sanggup menumbuhkan perilaku dan prilaku mencar ilmu secara wajar. Untuk itu pembelajaran dengan memakai media, khususnya media gambar sanggup dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk hal tersebut.

B. Rumusan Masalah
Berdasarkan dari latar belakang dilema tersebut di atas, maka sanggup dirumuskan dilema “Apakah ada efek penerapan media gambar terhadap prestasi mencar ilmu IPA-Biologi siswa SD Inpres Bertingkat Mamajang I Makassar.

C. Tujuan Penelitian
Berdasar dari rumusan dilema di atas, maka penelitian ini diarahkan untuk mengungkap apakah ada efek penerapan media gambar terhadap prestasi mencar ilmu IPA-Biologi siswa SD Inpres Bertingkat Mamajang I Makassar.

D. Manfaat Penelitian
Dalam penelitian ini terdapat beberapa manfaat yang diperlukan penulis setelah penelitian dilaksanakan.
1. Sebagai materi isu ihwal efek penerapan media gambar terhadap prestasi mencar ilmu IPA-Biologi siswa SD Inpres Bertingkat Mamajang I Makassar.
2. Sebagai materi masukan untuk guru; untuk dipertimbangkan dalam pemilihan media sebelum pelaksanaan proses mencar ilmu mengajar. Oleh alasannya yaitu hasil penelitian ini ialah bukti secara ilmiah.
3. Hasil penelitian ini sedapat mungkin menjadi alasan rekomendasi untuk memakai media gambar dalam proses mencar ilmu mengajar.
0 Komentar untuk "Pengaruh Penggunaan Media Gambar Terhadap Prestasi Mencar Ilmu Ipa-Biologi Siswa Sd Inpres Bertingkat Mamajang I Makassar (Pbio-11)"

Back To Top