loading...
Kajian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa umat Islam dalam mengerjakan ibadah shalat masih belum mencapai tujuan-tujuan pedoman Islam, terutama tujuan shalat itu sendiri. Terbukti dalam kehidupan sehari-hari masih banyak diketemukan kemungkaran dan kemaksiatan, terutama rendahnya tabiat dan kebadungan remaja.
Rumusan problem dalam kajian ini adalah: 1. Bagaimana kedudukan shalat dalam Islam? 2. Bagaimana nilai-nilai ibadah shalat 5 (lima ) waktu ditinjau dari pendidikan Islam?
Tujuan penelitian dalam kajian ini adalah: 1. Untuk mendeskripsikan kedudukan shalat dalam Islam. 2. Untuk mendeskripsikan nilai-nilai ibadah shalat 5 (lima ) waktu ditinjau dari pendidikan Islam.
Manfaat skripsi ini bagi penulis untuk menambah wawasan pengetahuan wacana kedudukan dan nilai-nilai ibadah shalat 5 (lima ) waktu ditinjau dari pendidikan Islam. Bagi para pembaca, di harapkan sanggup menjadi contoh dalam kajian-kajian terkena pendidikan Islam, khususnya yang berkaitan dengan eksistensi shalat.
Jenis penelitian yang dipakai dalam penulisan skripsi ini yaitu menggunakan “library reseach” atau telaah pustaka. Sumber data yang dipakai meliputi sumber data primer dan sumber data sekunder. Sedangkan dalam pengumpulan data dipakai metode dokumentasi, dan metode analisis data yang dipakai yaitu induksi, deduksi, dan komparasi.
Dari kajian tersebut diperoleh bahwa shalat ialah ibadah pokok dalam Islam dan termasuk rukun Islam kedua sehabis syahadat yang menempati posisi terpenting di samping ibadah-ibadah pokok lainnya. Shalat dalam Islam ialah ibadah terpenting alasannya yaitu mengingat perintah shalat tersebut disampaikan Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW secara eksklusif tanpa mediator yang dikenal dengan insiden isra’ mi’raj, dan dengan shalat agama Islam sanggup bangkit tegak. Ditinjau dari pendidikan Islam dalam shalat terdapat aneka macam nilai-nilai yang bermanfaa bagi kehidupan insan dan nilai-nilai tersebut harus diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari semoga seorang muslim atau penerima didik sanggup diberibadah kepada Allah dengan khusyu’ dan ikhlas. Sedangkan nilai-nilai shalat ditinjau dari pendidikan Islam yaitu nilai religius, psikologis, fisiologis, medis, sosial dan moral.
Tag :
Pendidikan Agama Islam
0 Komentar untuk "Nilai-Nilai Ibadah Shalat 5 (Lima) Waktu Ditinjau Dari Pendidikan Islam (Pai-56)"