Studi Wacana Contoh Hubungan Kerja Pelaku Kejahatan Penodongan Di Kota Makassar (Ant-6)

loading...
Skripsi ini ialah penelitian yang menejelaskan dan menggambarkan kehidupan dunia kerja para pelaku kejahatan (Patodong) dimana kejahatan tersebut sangat marak terjadi di kota Makassar, tidak spesialuntuk itu, skripsi ini menerangkan wacana teladan kekerabatan kerja antara pihak-pihak yang terkait yaitu pelaku kejahatan (Patodong), penadah, dan pembeli/konsumen dan menerangkan dan menggambarkan prosedur operasional kerja yang mereka lakukan. Penelitian ini ialah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengambilan data dilakukan dengan cara pengamatan (observation), wawancara mendalam (depth interview) serta kajian literature yang berkenaan dengan penelitian ini
Hasil penelitian ini menerangkan bahwa mereka melaksanakan hal tersebut dengan motif ekonomi untuk melangsungkan hidup, memenuhi kebutuhan mereka untuk mendapat kepuasan materil tertentu dan tak peduli dengan pandangan masyarakat yang negatif wacana mereka atas “label” yang memang semenjak lahir mereka dapatkan. Perilaku yang pertanda mereka tidak sama dengan orang lain mempersembahkan mereka satu ruang yang tidak sama dengan orang lain, sehingga pandangan wacana dunia kerja yang mereka geluti mempunyai makna tersendiri dalam pergelutan hidup yang dijalani.
Bekerja sebagai perampok penodong (Patodong) ialah pekerjaan tim atau kelompok, dan bukan dilakukan secara individu dan dalam kelompok terdapat seorang  pemimpin sebagai penentu kebijakan operasional. Operasional kerja yang mereka lakukan yakni susunan dari perencanaan seni administrasi yang sangat matang. Perencanaan inii dilakukan secara berkelompok dalam melaksanakan operasi kerja mereka, dan bab selanjutnya hasil operasi kerja akan didiberikan atau dijual eksklusif kepada seorang penadah atau pembeli. Tidak lepas dari profesi mereka, Patodong  juga tak lepas dari kehidupan yang berbau kriminal lainnya menyerupai menjadi pencuri atau penjual Narkotika sehingga pada point ini penulis mengambil garis besar bahwa mereka yang sudah masuk pada satu tindak kejahatan maka tidak menutup kemungkinan mereka juga masuk pada tindak kejahatan lainnya.  
Tag : Antropologi
0 Komentar untuk "Studi Wacana Contoh Hubungan Kerja Pelaku Kejahatan Penodongan Di Kota Makassar (Ant-6)"

Back To Top