loading...
Fokus penelitian: (1) Bagaimana prestasi berguru peserta didik kelas X di Madrasah Aliyah (MA) Darul Huda Wonodadi Blitar? (2) Bagaimana upaya guru aqidah susila dalam meningkatkan prestasi berguru peserta didik kelas X di Madrasah Aliyah (MA) Darul Huda Wonodadi Blitar? (3) Apa saja faktor penghambat dan pendukung guru aqidah susila dalam meningkatkan prestasi berguru peserta didik kelas X di Madrasah Aliyah (MA) Darul Huda Wonodadi Blitar?
Jenis penelitian yang dipakai kualitatif, sedangkan referensi penelitian deskriptif, lokasi penelitian di Madrasah Aliyah Darul Huda Wonodadi Blitar, kehadiran peneliti dalam penelitian ini peneliti bertindak sebagai instrumen utama, yaitu sebagai pelaksana, pengamat, dan sekaligus sebagai pengumpul data. Sebagai pelaksana, peneliti melaksanakan penelitian ini di Madrasah Aliyah (MA) Darul Huda Wonodadi Blitar. Sumber data dalam penelitian ini adalah subjek darimana data sanggup diperoleh, mekanisme pengumpulan data memakai observasi partisipan, wawancara mendalam, metode dokumentasi, metode analisis data memakai reduksi data, penyajian data, menarikdanunik kesimpulan, deduksi, komparasi dan induksi, pengecekan keabsahan data memakai ketekunan pengamatan, triangulasi, investigasi sejawat, tahap-tahap penelitian tahap para lapangan dan tahap kerja lapangan.
Kemudian bagaimana upaya guru aqidah susila dalam meningkatkan prestasi berguru peserta didik kelas X di Madrasah Aliyah (MA) Darul Huda Wonodadi Blitar sebagai diberikut: selalu memdiberi motivasi peserta didik kelas X selalu ulet berguru setiap hari. Guru selalu melaksanakan penilaian setiap selesai pembelajaran di dalam kelas, dalam pengambilan materi tidak spesialuntuk Lembar Kerja Siswa tetapi juga memakai buku paket dan buku lainnya yang menunjang materi tersebut, penugasan kepada siswa untuk menuntaskan soal-soal yang ada pada materi pelajaran, guru aqidah susila menuntut siswa menghafal sebagian materi yang dianggap paling penting. Selanjutnya terkena faktor penghambat dan pendukung guru aqidah susila dalam upaya meningkatkan prestasi berguru peserta didik kelas X di Madrasah Aliyah (MA) Darul Huda Wonodadi Blitar sebagai diberikut: Yang pertama faktor penghambat, sebagian anak belum proaktif dalam mengikuti proses pembelajaran, penerimaan siswanya tidak melalui pemilihan secara cermat dalam arti mendapatkan anakdidik dengan apa adanya, di dalam proses berguru mengajar sebagian siswa masih berserius pada materi didik yang minim menyerupai Lembar Kerja Siswa, tidak berusaha memakai buku yang menambah materi ajar, sebagian siswa banyak yang malas dalam mengikuti proses pembelajaran. Yang kedua faktor pendukung seorang guru aqidah susila dalam meningkatkan prestasi berguru peserta didik yaitu masukana media belajarnya memadai untuk dipakai proses berguru mengajar, suasana lingkungan sekolah di dalam lingkungan pondok pesantren yang kondusif, sehingga sanggup membuat suasana berguru yang aman pula sehingga guru akan lebih simpel dalam memberikan materi belajar.
Tag :
Pendidikan Agama Islam
0 Komentar untuk "Upaya Guru Mata Pelajaran Aqidah Adat Dalam Peningkatan Prestasi Mencar Ilmu Penerima Siswa Kelas X Madrasah Aliyah (Ma) Darul Huda Wonodadi Blitar (Pai-59)"