Pemahaman Dan Implementasi Mata Pelajaran Risalatul Mahid Dalam Kehidupan Murid Kelas 3 Tsanawiyah Madrasah Diniyah Nahdhotul Ulama’ Pondok Pesantren Apis Gondang Gandosari (Pai-45)

loading...

BAB I
PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang
Wanita yaitu insan yang didiberikan beban sebagaimana pria, maka wajib bagi perempuan untuk menuntut ilmu ihwal kewajiban-kewajiban yang ditujukan kepadanya, biar ia sanggup melaksanakan kewajiban itu dengan penuh keyakinan. Jika ia tidak mengetahui kewajiban-kewajibannya, maka ia harus bertanya dan harus berguru kepada muhrimnya, bila ia tidak mempunyai mahram untuk bertanya, maka hendaklah ia bertanya dan berguru dari guru-guru yang menguasai bidang yang ditanyakan tanpa melaksanakan khalwat (berduaan dengan lawan jenis yang bukan mahram). Hendaknya ia tidak aib untuk bertanya ihwal sesuatu yang ia alami dalam kehidupan agamanya, karena sesunguhnya Allah SWT tidak pernah aib dalam melaksanakan kebaikan. 
Berdasarkan uraian di atas jelaslah bahwa perempuan itu harus menuntut ilmu ihwal kewajiban-kewajiban bagi dirinya. Salah satu ilmu yang sangat penting yang mutlak harus dipelajari dan dimiliki oleh seorang perempuan yaitu ilmu ihwal pendidikan haid.
Aisyah r.a. berkata bahwa Aisyah r.a., bertanya kepada Nabi SAW ihwal mandi haid?, maka dia bersabda: “Hendaklah seorang perempuan diantara kalian mengambil air dan pohon bidara, kemudian ia memmembersihkankan tubuhnya dengan sebaik-baiknya dengan pohon bidara itu, kemudian mengguyurkan air pada seluruh tubuhnya, kemudian ia mengambil kapas atau kain yang dicampur wewangian untuk menghilangkan bekas darah itu sampai membersihkan.” Lalu Asma r.a. berkata: “Bagaimanakah memmembersihkankan dengan kapas itu?” maka beliau bersabda: “Maha Suci Allah, engkau memmembersihkankannya dengan kapas itu!”, maka berkata Aisyah r.a. : “Seakan-akan Asma tidak mengetahui bagaimana hal tersebut, engkau (Asma) spesialuntuk memmembersihkankan bekas darah itu”, dan Asma bertanya pula kepada Beliau ihwal mandi junub?, maka dia bersabda: “Ambillah olehmu air, kemudian engkau memmembersihkankan tubuhmu dengan sebaik-baiknya dan membersihkankanlah tubuhmu dengan sempurna, kemudian tuangkanlah air di atas kepalamu dengan memijit kulit kepala sampai ke seluruh kepala, kemudian tuangkanlah air di seluruh kepalamu”, maka berkata Aisyah r.a.: “Sebaik-baik perempuan yaitu wanita-wanita kaum Anshar!, mereka tidak aib untuk memahami agama mereka”.    

Hadits di atas sebut bahwa Nabi Muhammad sendiri sangat terbuka dengan hal-hal yang menyangkut wanita, alasannya yaitu dia menganggap bahwa haid yaitu hal yang sangat urgen yang wajib dimengerti alasannya yaitu hubungannya dengan ibadah wajib. Selain wanita, laki-laki yang sudah diberistri, juga para mu’alim, para da’i dan kita tiruana harus mengerti dan memahami alasannya yaitu ilmu ihwal Risalatul Mahid ini sangat penting. Sebab duduk masalah ini dekat hubungannya dengan ibadah fardhu ain, menyerupai shalat dan puasa. Seharusnya tiruana perempuan yang sudah berumur 9 tahun sudah mengerti ihwal hal ini atau suaminya. Sebab umur 9 tahun perempuan sudah mungkin mengalami haid. Suatu realitas bahwa  anak-anak yang gres akan atau selesai tamat MI/SD sudah banyak yang haid, atau bahkan istihadhoh. Selain itu masih banyak orang yang sudah cukup umur (suami istri) yang sama sekali belum mengerti duduk masalah ini. Bahkan masih banyak yang belum mengerti cara-cara mandi yang benar, shalat dan puasa yang wajib diqodho. Ada yang sudah berguru namun masih banyak yang salah. Hal ini sangat membutuhkan perhatian kita tiruana! Lebih-lebih akhir-akhir ini berbagai perempuan yang masa haidnya tidak teratur (tidak normal).     
Memperhatikan uraian di atas, maka penulis memandang bahwa memahami dan mengerti ihwal ilmu haid itu sangatlah penting khususnya bagi setiap wanita. Sehingga penulis akan mengadakan penelitian yang lebih tuntas dan komprehensif ihwal pemahaman dan implementasi ilmu Risalatul Mahid dengan tema “Pemahaman dan Implementasi Mata Pelajaran Risalatul Mahid dalam Kehidupan Santri Kelas 3 Tsanawiyah Putri Madrasah Diniyah NU Pondok Pesantren Asrama Perguruan Islam Salafiyah (APIS) Gondang Gandosari Blitar Tahun 2010”.
Peneliti menentukan kelas 3 Tsanawiyah putri sebagai subyek penelitian alasannya yaitu di kelas 3 ini mereka mempelajari Risalatul Mahid lagi yang doloenya pernah mereka pelajari di kelas ibtidaiyah. Sehingga pastinya mereka lebih memahami pelajaran ini dibanding dengan kelas-kelas lain.


skripsi pendidikan agama islam, skripsi pendidikan agama islam kualitatif pdf, skripsi pendidikan agama islam kualitatif terbaru, skripsi pendidikan agama islam kuantitatif, skripsi pendidikan agama islam doc, skripsi pendidikan agama islam kuantitatif pdf, skripsi pendidikan agama islam download, skripsi pendidikan agama islam ihwal akhlak, skripsi pendidikan agama islam pdf, skripsi pendidikan agama islam jurusan tarbiyah, skripsi pendidikan agama islam kualitatif, skripsi imbas pendidikan agama islam terhadap adat siswa, abnormal skripsi pendidikan agama islam, teladan abnormal skripsi pendidikan agama islam, usulan skripsi imbas pendidikan agama islam terhadap adat siswa, skripsi pendidikan agama islam pada anak usia dini, artikel skripsi pendidikan agama islam, angket skripsi pendidikan agama islam, analisis skripsi pendidikan agama islam, teladan skripsi imbas pendidikan agama islam terhadap adat siswa, skripsi pendidikan agama islam cuilan 1, judul skripsi pendidikan agama islam beserta rumusan masalah, materi skripsi pendidikan agama islam, latar belakang skripsi pendidikan agama islam, cuilan i skripsi pendidikan agama islam, teladan latar belakang skripsi pendidikan agama islam, teladan cuilan 1 skripsi pendidikan agama islam, skripsi motivasi berguru pendidikan agama islam, skripsi peranan pendidikan agama islam dalam membina etika berpakaian siswi, skripsi imbas pendidikan agama islam terhadap motivasi sholat berjamaah, teladan skripsi pendidikan agama islam di sd, teladan usulan skripsi pendidikan agama islam jurusan tarbiyah, judul skripsi pendidikan agama islam.com, teladan skripsi pendidikan agama islam jurusan tarbiyah, teladan skripsi pendidikan agama islam, teladan skripsi pendidikan agama islam pdf, teladan skripsi pendidikan agama islam kualitatif, teladan skripsi pendidikan agama islam kuantitatif, teladan skripsi pendidikan agama islam jurusan tarbiyah pdf, teladan skripsi pendidikan agama islam lengkap, skripsi pendidikan agama islam dalam keluarga, skripsi pendidikan agama islam di tk, skripsi pendidikan agama islam document, skripsi pendidikan agama islam di smp, teladan usulan skripsi pendidikan agama islam doc, skripsi pendidikan agama islam kuantitatif doc, skripsi pendidikan agama islam kualitatif doc, skripsi penilaian pendidikan agama islam, skripsi eksperimen pendidikan agama islam, skripsi efektifitas pembelajaran pendidikan agama islam, skripsi efektivitas pembelajaran pendidikan agama islam, judul skripsi fakultas pendidikan agama islam, teladan judul skripsi fakultas pendidikan agama islam, judul skripsi fakultas tarbiyah jurusan pendidikan agama islam, file skripsi pendidikan agama islam, skripsi fakultas tarbiyah jurusan pendidikan agama islam, download skripsi pendidikan agama islam tarbiyah gratis, judul skripsi pendidikan agama islam, judul skripsi pendidikan agama islam kualitatif terbaru, judul skripsi pendidikan agama islam kualitatif, judul skripsi pendidikan agama islam terbaru, judul skripsi pendidikan agama islam jurusan tarbiyah, skripsi jurusan pendidikan agama islam, judul skripsi pendidikan agama islam 2016, kumpulan skripsi pendidikan agama islam pdf, judul skripsi pendidikan agama islam kuantitatif, skripsi pendidikan agama islam lengkap, judul skripsi pendidikan agama islam library research, judul skripsi pendidikan agama islam literatur

0 Komentar untuk "Pemahaman Dan Implementasi Mata Pelajaran Risalatul Mahid Dalam Kehidupan Murid Kelas 3 Tsanawiyah Madrasah Diniyah Nahdhotul Ulama’ Pondok Pesantren Apis Gondang Gandosari (Pai-45)"

Back To Top