Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Berguru Bahan Segitiga Pada Siswa Kelas Vii-D Smp Islam Gandusari Trenggalek (Pmt-69)

loading...

Berdasarkan hasil tanya tanggapan seputar duduk perkara siswa dengan guru yang sudah usang mengajar matematika di Sekolah Menengah Pertama Islam Gandusari Trenggalek, siswa kelas VII-D memiliki duduk perkara pemahaman yang kurang dalam berguru matematika sehingga hasil berguru tidak sesuai dengan yang diharapankan guru. Hal ini membuat saya untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe make a match untuk meningkatkan pemahaman dan hasil berguru siswa.
Rumusan duduk perkara dalam penelitian skripsi ini adalah: 1) Bagaimana langkah-langkah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match untuk meningkatkan hasil berguru siswa kelas VII-D Sekolah Menengah Pertama Islam Gandusari Trenggalek?,

2) Apakah model pembelajaran kooperatif tipe make a match sanggup meningkatkan hasil berguru bahan segitiga pada siswa kelas VII-D Sekolah Menengah Pertama Islam Gandusari Trenggalek?
Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Untuk mendiskripsikan langkah-langkah penerapan model kooperatif tipe make a match dalam meningkatkan hasil berguru bahan segitiga pada siswa kelas VII-D Sekolah Menengah Pertama Islam Gandusari Trenggalek, 2) Untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a  match sanggup meningkatkan hasil berguru bahan segitiga pada siswa kelas VII-D Sekolah Menengah Pertama Islam Gandusari Trenggalek.
Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas (PTK). Dalam PTK tahap penelitian terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini memakai dua siklus tindakan untuk mengetahui peningkatan pada waktu sebelum tindakan dan setelah tindakan dilakukan dan metode pengumpulan data menggunakan: observasi, wawancara, tes, catatan lapangan dan dokumentasi.
Model pembelajaran kooperatif tipe make a match ini diujicobakan pada sesi review dengan sintak guru mempersembahkan kartu soal kepada setiap kelompok lalu siswa mencari kartu pasanganya (kartu jawabanan) dari soal yang ada di kartu soal yang diterimanya dengan batas waktu tertentu dengan menyertakan penyelesaiannya.  Siswa yang mendapat nilai tertinggi mendapat reward.
Berdasarkan hasil berguru siswa pada tes pertama nilai rata-rata yang diperoleh siswa yaitu 56,26 menjadi 74,93 (siklus I) dan 81,60 (siklus II). Berdasarkan hasil penelitian, maka sanggup disimpulkan bahwa dengan memakai model pembelajaran kooperatif tipe make a match sanggup meningkatkan hasil berguru bahan segitiga pada siswa kelas VII-D Sekolah Menengah Pertama Islam Gandusari Trenggalek.
0 Komentar untuk "Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Berguru Bahan Segitiga Pada Siswa Kelas Vii-D Smp Islam Gandusari Trenggalek (Pmt-69)"

Back To Top