. Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching Untuk Meningkatkan Hasil Berguru Matematika Pokok Bahasan Himpunan Pada Siswa Kelas Vii Mts Negeri Aryojeding (Pmt-70)

loading...

Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena proses mencar ilmu mengajar yang kompleks dalam kehidupan. Dan tiruananya itu akan membutuhkan satu penemuan gres yang bisa menyesuaikan dengan tuntutan zaman. Sebab seiring bergantinya zaman, maka kebutuhan yang diharapkan juga akan berubah. Oleh alasannya ialah itu, membutuhkan terobosan gres yang sanggup sesuai dengan konteks zamannya. Beberapa penyebab rendahnya hasil mencar ilmu matematika siswa kelas VII MTs Negeri Aryojeding ialah adanya kesan negatif terhadap pelajaran matematika  dan kurangnya motivasi siswa terhadap pelajaran matematika. Quantum teaching ialah cara mengubah mencar ilmu yag meriah dengan segala nuansanya. Quantum teaching berserius pada kekerabatan dinamis dalam lingkungan kelas, interaksi yang mendirikan landasan dan kerangka untuk belajar. Dalam pokok bahasan himpunan ini peneliti mengunakan model pembelajaran quantum teaching  sebagai upaya dalam meningkatkan hasil mencar ilmu matematika siswa. Pembelajaran memakai model pembelajaran quantum teaching ini diharapkan sanggup memotivasi siswa dan menimbulkan kegiatan mencar ilmu mengajar menjadi sangat bahagia.

Yang menjadi serius  penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah: 1) Bagaimana pelaksanaan model pembelajaran quantum teaching siswa kelas VIIC MTsN Aryojeding Rejotangan Tulungagung pada pokok bahasan himpunan  tahun pemikiran 2010/2011? 2) Bagaimana hasil mencar ilmu matematika siswa dalam model pembelajaran quantum teaching siswa kelas VIIC MTsN Aryojeding Rejotangan Tulungagung pada pokok bahasan himpunan tahun pemikiran 2010/2011?
Adapun tujuan penelitian dalam hal ini ialah : 1) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan model pembelajaran quantum teaching siswa kelas VIIC MTsN Aryojeding Rejotangan Tulungagung pada pokok bahasan himpunan tahun pemikiran 2010/2011. 2) Untuk mengetahui hasil mencar ilmu matematika siswa dalam model pembelajaran quantum teaching siswa kelas VIIC MTsN Aryojeding Rejotangan Tulungagung pada pokok bahasan himpunan tahun pemikiran 2010/2011.
Penelitian ini mengunakan penelitian jenis tindakan kelas. Adapun metode pengumpulan datanya mengunakan tes, wawancara, observasi dan catatan lapangan.  Tes dipakai untuk memperoleh data tentang hasil mencar ilmu matematika siswa kelas VIIC MTs Negeri Aryojeding. Sedangkan metode observasi, wawancara dan catatan lapangan dipakai untuk menggali data tentang proses pembelajaran matematika, respon siswa, sejarah sekolah, keadaan siswa, guru dan karyawan, masukana dan pramasukana sekolah, strukur organisasi.
Sesudah peneliti mengadakan penelitian dengan memakai model pembelajaran quantum teaching kesannya sanggup disimpulkan bahwa pembelajaran ini sanggup meningkatkan hasil mencar ilmu matematika siswa. Adapun penerapan pembelajaran meliputi:1) Tumbuhkan, pada pertama kegiatan pembelajaran pengajar berusaha menumbuhkan/mengembangkan minat siswa untuk belajar. melaluiataubersamaini tumbuhkan minat, siswa akan sadar keuntungannya kegiatan pembelajaran bagi dirinya atau bagi kehidupannya. 2) Alami, proses pembelajaran akan lebih bermakna jikalau siswa mengalami secara pribadi atau aktual bahan yang diajarkan. 3) Namai, saatnya untuk mengajarkan konsep, ketrampilan berpikir, dan taktik belajar. 4) Demonstrasikan, memdiberi peluang untuk siswa menerjemahkan dan menerapkan pengetahuan mereka ke dalam pembelajaran lain atau ke dalam kehidupan mereka. 5) Ulangi, proses pengulangan dalam kegiatan pembelajaran sanggup memperkuat koneksi saraf dan menumbuhkan rasa tahu atau yakin terhadap kemampuan siswa. 6) Rayakan, pemdiberian penghormatan pada siswa atas usaha, ketekunan, dan kesuksesannya. Sedangkan untuk hasil mencar ilmu siswa meningkat sanggup dilihat dari proses mencar ilmu mengajar dan nilai tes akhir. Pada proses mencar ilmu mengajar hasil observasi mengambarkan keterlibatan siswa dan pembelajaran pada level tinggi siswa menjadi termotivasi dalam belajar, pengetahuan yang diperoleh siswa bukan semata-mata dari guru tetapi juga melalui keterlibatan dari siswa. dan menumbuhkan perilaku positif dalam diri diswa ibarat kerjasama dan menghargai pendapat mitra orang lain. Untuk hasil observasi pada siklus I pengamatan acara peneliti 86,6%, acara siswa 89,3%, dan acara kelompok 82,638% masuk dalam kategori baik, pada siklus II pengamatan acara peneliti 96,1%, acara siswa 98%, dan acara kelompok 90,27% masuk dalam kategori sangat baik. Begitu juga dengan hasil penilaian untuk siklus I masuk dalam kategori baik yaitu 81, untuk siklus II masuk dalam kategori baik yaitu 85,54.
Kelebihan model pembelajaran quantum teaching ialah suasana pembelajaran yang sangat sangat senang dengan segala nuansanya, dengan didukung adanya media pembelajaran, musik serta masukana yang menunjang. Model pembelajaran quantum teaching ini tidak spesialuntuk untuk matematika saja dalam penerapannya, tetapi juga sanggup diterapkan dalam pembelajaran lain.    
Sedang belum sempurnanyanya ialah pada ketika diadakannya presentasi kelompok siswa akan ramai, keadaan ini kadang akan mengganggu kelas lain dalam kegiatan mencar ilmu mengajar.
Dari kelebihan dan kelemahan model pembelajaran ini, sudah sepatutnya kita mencoba untuk menerapkan pendekatan ini guna menyebarkan kompetensi yang kita miliki dan kreatifitas penerima didik kita.
0 Komentar untuk ". Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching Untuk Meningkatkan Hasil Berguru Matematika Pokok Bahasan Himpunan Pada Siswa Kelas Vii Mts Negeri Aryojeding (Pmt-70)"

Back To Top