Penerapan Ilmu Manajemen Terhadap Peningkatan Kreatifitas Kerja Pegawai Di Kecamatan Karangwareng Kabupaten Cirebon (An-7)

loading...
BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah
 
            Setiap Organisasi mempunyai tujuan utama dalam aktivitas usaspesialuntuk. Dalam mencapai tujuan Organisasi tersebut diharapkan proses penyelenggaraan dari setiap bidang-bidang yang ada dalam Organisasi untuk bahu-membahu mencapai tujuan yang sudah diputuskan oleh Organisasi. 

Dalam pencapaian tujuan organisasi diharapkan adanya tenaga kerja atau pegawai yang potensial dan bisa berkreatifitas kerja dengan baik tetapi juga memerlukan pemahaman dan pengetahuan ihwal konsep ilmu manajemen yang baik sehingga tercipta suasana pekerjaan yang rapih, tertib, dinamis dan bisa mencapai sasaran yang sudah ditentukan.

Proses dalam pencapaian tujuan Organisasi dengan meterbaikkan seluruh sumber daya yang ada secara bahu-membahu tersebut dinamakan “Administrasi” (administration).[1] sepertiyang diungkapkan oleh Sondang P. Siagian, bahwa “administrasi yaitu segenap proses penyelenggaraan dari setiap perjuangan kolaborasi sekelompok insan untuk mencapai tujuan tertentu.”[2]

sepertiyang dikatakan oleh Slamet Soesanto dan Sondang P. Siagian, bahwa terdapat 8 (delapan) unsur dalam rangkaian aktivitas penataan (administrasi) yang ialah sub konsep dari manajemen itu sendiri, yaitu:[3]
1.                  Organisasi, yaitu kumpulan dari orang-orang atau kelompok yang mempunyai kesamaan dalam tujuan.
2.                  Manajemen, yaitu proses secara teknis dalam mencapai tujuan. Manajemen mempunyai fungsi-fungsi utama, yaitu dalam hal perencanaan (planning, pengorganisasian (organizing), pengendalian (controlling), dan penilaian (evaluating).   
3.                  Komunikasi, yaitu hubungan yang terjadi di antara anggota-anggota organisasi.
4.                  Informasi, yaitu terkait dengan sumber-sumber data atau gosip yang dibutuhkan dalam proses pencapaian tujuan.
5.                  Personalia, yaitu adanya orang-orang atau karyawan yang bertanggung tanggapan dalam menjalankan kiprah masing-masing bidang dengan hak dan kewajiban yang sudah diputuskan oleh Organisasi.
6.                  Finansial, ialah aspek pendanaan dari seluruh aktivitas administrasi.
7.                  Material, yaitu faktor penunjang dalam aktivitas manajemen yang biasanya berbentuk fisik, baik masukana maupun pramasukana.
8.                  Relasi Publik, yaitu hubungan Organisasi dengan dunia luar. Relasi publik memseriuskan pada aktivitas sosialisasi tujuan atau aktivitas Organisasi secara eksternal.
Berdasarkan pertimbangan hal tersebut, maka penulis merasa tertarik untuk melaksanakan penelitian lebih lanjut terkena :

 
PENERAPAN ILMU ADMINISTRASI TERHADAP PENINGKATAN KREATIFITAS KERJA PEGAWAI DI KECAMATAN KARANGWARENG KABUPATEN CIREBON” dengan memseriuskan pembahasan pada dukungan 8 unsur-unsur manajemen yang sudah disebutkan di atas.



0 Komentar untuk "Penerapan Ilmu Manajemen Terhadap Peningkatan Kreatifitas Kerja Pegawai Di Kecamatan Karangwareng Kabupaten Cirebon (An-7)"

Back To Top