loading...
Perkembangan perjuangan peternakan unggas di Indonesia ketika ini semakin pesat dan mempersembahkan bantuan besar dalam pemenuhan kebutuhan protein hewani. Unggas khususnya ayam kampung ialah salah satu komoditi ternak ayam yang banyak diminati oleh tiruana lapisan masyarakat, dengan banyaknya undangan masyarakat akan daging ayam kampung, maka banyak sektor bisnis yang menjual daging ayam olahan menyerupai café, restoran dan rumah makan demi memenuhi kebutuhan konsumen. Bisnis yang menjual daging ayam kampung olahan menjadi semakin maju pesat sebagaimana sanggup dilihat dari banyaknya rumah makan gres atau dengan membuka cabang didaerah lain. Salah satu rumah makan yang menjual daging ayam olahan dan berkembang sangat pesat belakangan ini yaitu rumah makan Ayam Bakar Wong Solo yang perkembangannya sangat pesat salah satunya cabang Makassar.
Rumah makan Ayam Bakar Wong Solo ialah salah satu rumah makan yang sedang berkembang ketika ini. Sejak pertama kali didirikan pada tahun 1991, rumah makan ini terus mengalami perkembangan dari tahun ketahun. melaluiataubersamaini sistem waralaba yang dijalankannya, jumlah outlet-nya terus bertambah. Pada tahun 2010 jumlah outlet-nya sudah mencapai 42 buah yang tersebar di beberapa kota besar di Indonesia. Selain di dalam negeri, rumah makan Ayam Bakar Wong Solo juga sudah berhasil memasuki pasar luar negeri. Hal ini ditandai dengan dibangunnya dua buah outlet di Negara tetangga yaitu Malaysia dan Singapura. Rumah makan Ayam Bakar Wong Solo di Indonesia salah satunya yaitu rumah makan Ayam Bakar Wong Solo Cabang Makassar yang berlokasi di Jalan Sultan Alauddin (Samping Kampus Nobel) Makassar, dimana tempatnya cukup strategis. Dalam perkembangannya, rumah makan Ayam Bakar Wong Solo Cabang Makassar tidak luput dari tingkat persaingan yang ketat, persaingan yang semakin ketat tersebut menuntut rumah makan Ayam Bakar Wong Solo Cabang Makassar untuk menerapkan seni administrasi bersaing yang sempurna untuk memenangkan persaingan di industri rumah makan. Agar berhasil dalam persaingan rumah makan Ayam Bakar Wong Solo Cabang Makassar harus bisa secara efisien menyediakan produk kepada pelanggan, dengan pelayanan dan mutu yang lebih baik dalam memuaskan kebutuhan pelanggannya, dalam memenuhi kebutuhan tersebut perusahaan harus mempunyai kinerja yang baik sehingga akan menentukan keberhasilan dalam persaingan oleh lantaran terciptanya kepuasan pelanggan terhadap kinerja rumah makan ayam bakar Wong Solo dalam menyediakan ayam bakar yang diminta oleh setiap konsumennya.
Fenomena yang terjadi di rumah makan Ayam Bakar Wong Solo Cabang Makassar semakin hari pengunjung yang hadir berbelanja dirumah makan tersebut semakin berkurang hal itu disebabkan lantaran tingginya persaingan dengan banyaknya rumah makan sejenis yang semakin menjamur yang juga menyajikan ayam bakar sebagai sajian utamanya sehingga konsumen menjadi tersebar hal ini kemungkinan diakibatkan pula lantaran kinerja rumah makan dalam mempersembahkan pelayanan ditunjang dengan kualitas rasa makanan dan harga sajian ayam bakar yang relatif mahal menjadi pertimbangan bagi setiap konsumen sehingga menentukan rumah makan lain dalam memenuhi kebutuhan mereka terhadap makanan khusunya ayam bakar.
Kinerja rumah makan terkait rantai pasokan sangat menentukan keberhasilan rumah makan dalam memenangkan persaingan hal itu disebabkan lantaran rantai pasokan ialah suatu jaenteng yang sangat berperan penting dalam penyediaan dan pendistribusian materi baku sehingga pasokan yang lancar yang masuk ke dalam perusahaan atau rumah makan bisa memenuhi undangan pelanggan yang bervariasi dari pelanggan satu dengan pelanggan lainnya, rumah makan sebagai tempat memenuhi kebutuhan pelanggan terhadap undangan ayam bakar harus bisa mengantisipasi dan memenuhi setiap kebutuhan pelanggan sehingga kinerja yang dihasilkan bisa diterima oleh pelanggan secara kasatmata dan berdampak pada peningkatan produktivitas perusahaan dalam memperoleh laba.
Kinerja rantai pasok rumah makan ayam bakar Wong Solo cabang Makassar ialah suatu unjuk hasil yang didiberikan oleh pemasok terhadap kebutuhan rumah makan dalam memenuhi harapan ataupun undangan pelanggan terhadap pesanan ayam bakarnya sehingga penting bagi rumah makan dalam mempersembahkan yang terbaik bagi para pelanggannya semoga tercipta kepuasan terhadap pelanggan. Pelanggan sangat berperan dalam mengetahui seberapa besar kinerja rantai pasok rumah makan dalam menyediakan ayam bakar yang pelanggan butuhkan dimana pasokan yang lancar dengan kualitas yang baik akan menghasilkan produk olahan yang baik jikalau kinerja rumah makan terus ditingkatkan dengan menyediakan pesanan ayam bakar yang pelanggan butuhkan sehingga ayam kampung yang berasal dari pemasok harus bisa disediakan oleh pemasok dengan waktu yang cepat, jumlah yang tepat, dan dengan kualitas yang baik dengan harga yang sesuai sehingga kinerja rumah makan dalam mengelola pasokan tersebut sanggup dinilai dengan baik oleh pelanggan itu sendiri sehingga evaluasi pelanggan tersebut bisa mempersembahkan umpan kasatmata terhadap rumah makan dalam meningkatkan kinerja rantai pasok rumah makan semoga sanggup membuat nilai secara keseluruhan dan memperoleh keunggulan dalam bersaing dengan rumah makan pesaingnya.
Berdasarkan uraian dan permasalahan yang sudah dipaparkan maka akan dilakukan penelitian yang berjudul “Penilaian Pelanggan Terhadap Kinerja Rantai Pasok Rumah Makan Ayam Bakar Wong Solo Cabang Makassar”.
Judul : Penilaian Pelanggan Terhadap Kinerja Rantai Pasok Rumah Makan Ayam Bakar Wong Solo Cabang Makassar (PM-44)
0 Komentar untuk "Penilaian Pelanggan Terhadap Kinerja Rantai Pasok Rumah Makan Ayam Bakar Wong Solo Cabang Makassar (Pm-44)"