loading...
Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena yang terjadi di dunia pendidikan sekolah khususnya wacana pembelajaran Bahasa Inggris. Banyak kenyataan memberikan bahwa kualitas siswa dalam Bahasa Inggris masih sangat rendah. Hal ini bias dilihat dari perolehan hasil berguru siswa dalam Bahasa Inggris yang jauh dari harapan. Untuk mengatasi hal ini peneliti memakai suatu media yang dibutuhkan sanggup meningkatkan motivasi dan prestasi berguru siswa. Media yang peneliti gunakan ialah media audio visual VCD.
Yang menjadi rumusan persoalan dalam penelitian skripsi ini ialah bagaimana penerapan media audio visual VCD terhadap peningkatan motivasi dan prestasi berguru mata pelajaran Bahasa Inggris siswa kelas II SDI Al Azhaar Kecamatan Kedungwaru Tulungagung tahun pedoman 2010/2011. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini ialah untuk mengetahui penerapan media audio visual VCD terhadap peningkatan motivasi dan prestasi berguru mata pelajaran Bahasa Inggris siswa kelas II SDI Al Azhaar Kecamatan Kedungwaru Tulungagung tahun pedoman 2010/2011.
Skripsi ini bermanfaa bagi 1) SDI Al Azhaar diharapkan untuk sanggup lebih meningkatkan motivasi dan prestasi berguru siswa dan perlu dicoba untuk diterapkan pada pelajaran lain, 2) Bagi guru untuk menambah pengetahuan pengajar alasannya ialah dengan penerapan media tersebut guru semakin banyak menerima pelajaran wacana apa yang harus dilakukan untuk mengatasi hambatan kesusahan yang di alami oleh siswa dalam proses berguru mengajar yang berlangsung, meningkatkan kemampuan mengajar dan sifat profesionalisme. 3) Bagi Siswa, dapat mempersembahkan informasi atau masukan pengetahuan gres bagi siswa untuk memanfaatkan penerapan media audio visual VCD dalam rangka meningkatkan motivasi dan prestasi belajarnya, siswa semakin aktif dalam mengikuti pelajaran alasannya ialah siswa tidak jenuh lagi dengan apa yang disampaikan guru dalam memberikan tidak monoton dengan metode itu-itu saja. 4) Bagi para pembaca sebagai materi masukan atau acuan yang cukup berarti.
Dalam penelitian ini memakai metode tes, observasi dan dokumentasi. Tes dipakai untuk memperoleh data wacana motivasi dan prestasi berguru siswa kelas II SDI Al Azhaar. Sedangkan metode observasi dan dokumentasi dipakai untuk menggali data wacana proses pembelajaran Bahasa Inggris.
Hasil penelitian yaitu : 1) Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh peneliti diketahui bahwa pembelajaran bahasa Inggris memakai media audio visual VCDV sudah bisa membawa perubahan pada motivasi berguru siswa kelas II C SDI Al Azhaar Tulungagung. Dapat terlihat dari lembar observasi yang dibentuk mulai dari pertama sebelum tindakan hingga simpulan pada siklus II simpulan tindakan. Sebelum tindakan dilakukan taraf keberhasilan motivasi siswa kelas II C SDI Al Azhaar masuk dalam kategori kurang, pada siklus I meningkat menjadi cukup dan pada simpulan tindakan meningkat menjadi baik. Peningkatan motivasi berguru ini dimungkinkan alasannya ialah adanya motivasi gres dalam pembelajaran, yaitu penerapan VCD yang dikemas semenarikdanunik mungkin sehingga membuat siswa menjadi lebih praktis mempelajari materi dan siswa menjadi bersemangat untuk belajar. Oleh alasannya ialah suasana berguru yang sangat senang ini maka siswa akan merasa senang dan termotivasi untuk ulet berguru dan berusaha secara terbaik demi keberhasilan mereka. Intensitas motivasi berguru seorang siswa akan sangat memilih tingkat pencapaian prestasi belajar. Sehingga jikalau motivasi berguru pada diri siswa baik, maka dibutuhkan hasil belajarnya pun akan meningkat. Kaprikornus sanggup disimpulkan bahwa penerapan media audio visual VCD sanggup meningkatkan motivasi berguru siswa kelas II C SDI Al Azhaar Tulungagung pada mata pelajaran Bahasa Inggris. 2) Penggunaan media audio visual VCD dalam acara pembelajaran sanggup memmenolong meningkatkan prestasi berguru siswa pada mata pelajaran bhasa Inggris kelas II C SDI Al Azhaar kecamatan Kedungwaru Tulungagung. Hal ini terbukti dari hasil post test siklus I dan siklus II yang mengalami peningkatan yang signifikan. Pada hasil tes pertama sebelum tindakan (pre test) rata-rata skor tes pertama siswa adalah 58,75. Sesudah pembelajaran memakai media audio visual VCD pada siklus I dan siklus II terjadi peningkatan.
Tag :
Teknologi Pendidikan
0 Komentar untuk "Penggunaan Media Audio Visual Vcd Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Berguru Mata Pelajaran Bahasa Inggris Siswa Kelas Ii Sdi Al Azhaar Kecamatan Kedungwaru Tulungagung Tahun Anutan 2010/2011 (Tp-8)"