Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menuntaskan Soal Bahan Garis Dan Sudut Pada Siswa Kelas Vii-A Di Smp N 06 Tulungagung (Pmt-62)

loading...

Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh kurang terbaiknya proses aktivitas pembelajaran siswa di sekolah membuat tingkat ketuntasan berguru siswa masih rendah. Itu disebabkan, metode pembelajaran yang monoton dan siswa yang kurang senang terhadap mata pelajaran matematika, sehingga dalam pembelajaran matematika pada soal bahan garis dan sudut banyak mengalami kesalahan lantaran siswa tidak menguasai konsepnya. Selain itu imbas faktor internal dan eksternal berguru siswa juga membawa dampak terhadap proses berguru siswa. Salah satu solusi untuk meningkatkan  belajar matematika siswa ialah guru hendaknya menentukan dan memakai strategi, pedekatan tehnik pembelajaran matematika yang banyak melibatkan siswa dalam berguru matematika. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII-A Sekolah Menengah Pertama N 06 Tulungagung.

Rumusan dilema (1) Apa saja jenis-jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menuntaskan soal garis dan sudut? (2) Faktor-faktor apa saja yang mengakibatkan siswa melaksanakan kesalahan dalam menuntaskan soal garis dan sudut? (3) Apa alternatif solusi yang dilakukan untuk mengatasi kesalahan siswa dalam menuntaskan soal garis dan sudut?
Pola penelitian dalam penelitian ini ialah penelitian studi kasus. Sumber data dalam Penelitian studi ini ialah siswa kelas VII-A  SMP N 06 Tulungagung. Metode pengumpulan data (1) Observasi, (2) Tes, (3) Iterview, (4) Dokumen. Teknik analisis data yang dipakai yaitu analisa kualitatif (pengumpulan data, reduksi data, penyajian data).
Tujuan Penelitian (1) Untuk mengetahui jenis-jenis kesalahan yang dilakukan siswa alam menyelesikan soal garis dan sudut. (2) Untuk mengetahui  faktor apa saja yang mengakibatkan siswa melaksanakan keaslahan soal garis dan sudut. (3) Untuk mengetahui alternatif solusi yang dilakukan untuk mengatasi kesalahan siswa dalam menuntaskan soal garis dan sudut.
Hasil Penelitian analisis kesalahan siswa dalam menuntaskan soal bahan garis dan sudut pada siswa kelas VII-A di Sekolah Menengah Pertama N 06 Tulungagung sangat memmenolong siswa dalam pembelajaran matematika. Karena dengan mengetahui letak kasalahan siswa, sanggup lebih simpel memahami konsep yang abnormal dan memanipulasi langkah-langkah penyelesaian dilema dalam pembelajaran matematika. Instrumen yang dipakai ialah (1) Angket, (2) Tes, (3) Wawancara. melaluiataubersamaini pemdiberian angket, kemudian soal tes, dan diadakan wawancara maka sanggup diketahui letak kesalahan siswa dan memdiberi solusi, sehingga pembelajaran matematika yang dianggap susah dan seram menjadi lebih menarikdanunik dan sangat senang serta bisa dengan simpel diterima oleh siswa. Sehingga sanggup diketahui kesalahan konsep yang dilakukan siswa sebesar 61,60% dan kesalahan mekanisme yang dilakukan siswa sebesar 10,71%.
0 Komentar untuk "Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menuntaskan Soal Bahan Garis Dan Sudut Pada Siswa Kelas Vii-A Di Smp N 06 Tulungagung (Pmt-62)"

Back To Top