loading...
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
Dalam kurun globalisasi pasar bebas memdiberi peluang munculnya aneka macam jenis barang dan jasa dengan ratusan merek yang terjual dipamasukan. Persaingan antara merek dari setiap produk yang semakin tajam, menjadikan setiap konsumen sanggup menentukan variasi merek produk yang lebih berkarakter. melaluiataubersamaini menentukan variasi merek produk yang lebih berkarakter maka dalam menunjang pengambilan keputusan, setiap konsumen sanggup menentukan sesuai dengan seleranya, daya belinya dan kualitas produk dengan harga jual yang lebih murah.
Salah satu hal yang perlu diperhatikan oleh perusahaan dalam melaksanakan pemamasukan produk yang akan dijual yaitu dengan memahami kebutuhan konsumen, mengetahui kebutuhan konsumen dan selera dari pada konsumen. Keputusan konsumen ialah hal yang penting, alasannya yaitu dengan adanya pemahaman terkena keputusan konsumen maka perusahaan akan lebih simpel dalam membuat suatu perencanaan pemamasukan serta penetapan kebijakan pemamasukan dan sebagai dasar dalam pelaksanaan aktivitas pemamasukan, alasannya lantaran berafiliasi dengan produk yang akan dijual kepada konsumen.
Menyadari pentingnya terkena keputusan konsumen, yang menjadi obyek dalam penelitian ini yaitu perusahaan Otomotif Demikian halnya dengan PT. Hadji Kalla Cabang Alauddin Makassar yang bergerak dibidang dealer kendaraan beroda empat merek Toyota, dalam melaksanakan pemamasukan kendaraan beroda empat terjadi persaingan yang ketat, hal ini disebabkan lantaran banyaknya perusahaan yang bermucnulan. melaluiataubersamaini munculnya beberapa jenis produk mobil, maka setiap perusahaan berupaya dan bersaing dalam memasarkan produk kendaraan beroda empat Toyota dengan jenis dan type yang tidak sama. Hal ini tentunya mengakibatkan konsumen semakin bebas menentukan jenis kendaraan beroda empat yang sesuai dengan selera konsumen.
Salah satu tujuan aktivitas pemamasukan perusahaan yaitu mempengaruhi konsumen atau calon konsumen supaya mereka mau membeli barang atau jasa perusahaan pada ketika mereka membutuhkannya. Sebelum aktivitas pemamasukan dilakukan, perusahaan perlu mempelajari dan memahami sikap konsumen terlebih lampau supaya mereka sanggup lebih sempurna menetapkan aktivitas pemamasukannya. Salah satu sikap konsumen yang penting yaitu sikap dalam melaksanakan pembelian suatu barang atau jasa. Suatu aktivitas pembelian yang faktual ialah salah satu tahap dari keseluruhan proses mental dan aktivitas fisik yang terjadi dalam periode waktu tertentu. Keputusan untuk melaksanakan pembelian ialah salah satu tahapan dalam pembelian.
Untuk lebih meningkatkan penjualan mobil, maka pihak perusahaan perlu memperhatikan taktik bauran pemamasukan dimana bauran pemamasukan terdiri dari : produk, harga, promosi dan place. Keempat faktor tersebut sangat besar lengan berkuasa terhadap keputusan pembelian kendaraan beroda empat Toyota Kijang Innova yang ditawarkan oleh PT. Hadji Kalla Cabang Alauddin Makassar yang sanggup dilihat melalui tabel diberikut ini :
Tabel 1.1 Volume Penjualan Mobil Toyota pada PT. Hadji Kalla Cabang
Alauddin Makassar Tahun 2006 s/d tahun 2010
Tahun | Jenis Mobil Toyota | Total Penjualan | ||||||
Vios | Yaris | Avansa | Innova | Pick Up | Fortuner | Sedan | ||
2006 | 171 | 185 | 219 | 191 | 398 | 215 | 121 | 1.500 |
2007 | 184 | 196 | 239 | 198 | 408 | 210 | 115 | 1.550 |
2008 | 198 | 218 | 298 | 311 | 498 | 215 | 262 | 2.000 |
2009 | 218 | 215 | 361 | 338 | 500 | 225 | 153 | 2.010 |
2010 | 196 | 178 | 310 | 308 | 390 | 288 | 245 | 1.915 |
Sumber : PT. Hadji Kalla Cabang Alauddin Makassar (data di olah)
Dari tabel 1 yakni data penjualan kendaraan beroda empat Toyota, khususnya dalam 5 tahun terakhir (tahun 2006 s/d 2010), nampak bahwa penjualan kendaraan beroda empat Toyota mengalami peningkatan dalam tahun 2006 s/d tahun 2010. melaluiataubersamaini meningkatnya volume penjualan kendaraan beroda empat maka perlunya diketahui sejauh mana dampak bauran pemamasukan yang terrdiri dari produk, harga, promosi dan place terhadap keputusan pembelian mobil.
Dari latar belakang duduk perkara yang sudah dikemukakan maka penulis menentukan judul skripsi sebagai diberikut : " Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Mobil Toyota Kijang Innova Pada PT. Hadji Kalla Cabang Alauddin Makassar.”
0 Komentar untuk "Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Kendaraan Beroda Empat Toyota Kijang Innova Pada Pt. Hadji Kalla Cabang Alauddin Makassar (Pm-37)"