loading...
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Disadari atau tidak, menurunnya kualitas pendidikan ialah tanggung balasan kita bersama. Walaupun seorang guru sudah berbuat yang terbaik berdasarkan mekanisme yang ada tanpa sumbangan dari banyak sekali pihak, pasti tujuan pendidikan tidak akan tercapai dengan baik. Di sinilah kita perlu memadukan antara faktor lingkungan dengan faktor alami berupa potensi yang dimiliki anak itu sendiri.
Faktor potensi anak yang tak kalah pentingnya ialah minat berguru belum dewasa yang kurang mempunyai minat dalam belajar, maka akan menunjang suatu perilaku dan prilaku yang membias dari anak normal lainnya. Misalnya saja anak sering membolos, tidak antusias dalam belajar, sering membuat kegundahan dalam kelas, pessimis, bernafsu dan sering memberontak. Hal semacam ini akan teraplikasikan pada pencapaian tujuan pembelajaran yang menurun atau prestasinya menurun.
Olehnya itu, penulis diberinisiatif untuk mengkaji lebih mendalam melalui aktivitas penelitian ini yang bersahabat kaitannya dengan persoalan minat dan perhatian berguru anak, dalam mempelajari mata pelajaran IPA-Biologi yang akan kuat eksklusif maupun tidak eksklusif terhadap prestasi yang dicapainya.
B. Rumusan Masalah
Bertolak dari latar belakang di atas, maka penulis membatasi diri untuk mengkaji variabel-variabel yang ada dalam bentuk rumusan persoalan yang menjadi serius perhatian dan penelitian ini. Adapun rumusan persoalan yang penulis maksudkan adalah:
1. Bagaimanakah tingkat minat dan perhatian berguru siswa, khususnya mata pelajaran IPA-Biologi pada SDN Lamembuang Baji I Makassar.
2. Bagaimanakah tingkat prestasi berguru siswa, khususnya mata pelajaran IPA-Biologi pada pada SDN Lamembuang Baji I Makassar.
3. Bagaimanakah korelasi antara minat dan perhatian dengan prestasi berguru siswa, khususnya mata pelajaran IPA-Biologi SDN Lamembuang Baji I Makassar.
C. Tujuan Penelitian
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini, ialah sebagai diberikut:
1. Untuk mengetahui tingkat minat dan perhatian berguru siswa mata pelajaran IPA-Biologi pada SDN Lamembuang Baji I Makassar.
2. Untuk mengetahui tingkat prestasi berguru siswa mata pelajaran IPA-Biologi pada SDN Lamembuang Baji I Makassar.
3. Untuk mengetahui ada tidaknya korelasi antara minat dan perhatian berguru dengan prestasi berguru IPA-Biologi siswa SDN Lamembuang Baji I Makassar.
D. Manfaat Penelitian
Adapun manfaat yang akan diperoleh melalui penelitian ini antara lain:
1. melaluiataubersamaini mengetahui tingkat minat dan perhatian berguru siswa menjadi sumber info bagi seorang guru untuk lebih menumbuh-kembangkan minat berguru siswanya.
2. melaluiataubersamaini mengetahui tingkat minat dan perhatian berguru siswa menjadi sumber iklim yang aman biar anak secara leluasa sanggup membuatkan minat dan talenta yang dimilikinya.
3. Diharapkan tiruana sanggup forum yang terkait dalam bidang pendidikan biar sanggup memperbaiki sistem yang ada supaya anak sanggup mencapai tingkat perkembangan yang optimal.
4. Sebagai salah satu materi rujukan bacaan yang sanggup dijadikan sumber info dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam membuatkan ilmu pengertahuan dan teknologi pada umumnya dan penelitian pada khususnya.
Tag :
Pendidikan,
Pendidikan Biologi
0 Komentar untuk "Hubungan Antara Minat Dan Perhatian Dengan Prestasi Berguru Siswa Mata Pelajaran Ipa Pada Sdn Labuang Baji I Makassar (P-08)"