loading...
Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena pendidikan Islam pada masa sekarang yang dihadapkan pada tantangan zaman.Dalam menghadapi tantangan tersebut seorang guru khususnya guru Al-Quran hadits berupaya seterbaik mungkin untuk sanggup mendorong siswanya untuk tidak meninggalkan pedoman Islam menyerupai membaca Al-Quran.
Yang menjadi serius penelitian dalam skripsi ini adalah; (1)bagaimana Upaya guru Al-Quran hadits dalam menumbuhkan minat berguru membaca Al-Quran di MTsN Ngantru Tulungagung. (2) Faktor pendukung guru Al-Quran hadits dalam menumbuhkan minat berguru membaca Al-Quran di MTsN Ngantru Tulungagung?. (3) Faktor penghambat guru Al-Quran hadits dalam menumbuhkan minat berguru membaca Al-Quran di MTsN Ngantru Tulungagung?
Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam hal ini adalah(1) Untuk mengetahui upaya guru Al-Qur’an Hadits dalam menumbuhkan minat berguru membaca Al-Qur’an di MTsN Ngantru Tulungagung.(2) Untuk mengetahui faktor pendukung guru Al-Qur’an Hadits dalam menumbuhkan minat berguru membaca Al-Qur’an di MTsN Ngantru Tulungagung. (3) untuk mengetahui faktor penghambat guru Al-Quran hadits dalam menumbuhkan minat berguru membaca Al-Quran di MTsN Ngantru Tulungagung
Adapun metode penelitian dalam skripsi ini yaitu metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini ada 3 yaitu: orang, mencakup kepala madrasah dan guru al-Qur’an hadits, tempat, paper/dokumen yaitu berupa catatan-catatan atau arsip. Prosedur pengumpulan data meliputi: metode observasi, metode wawancara, metode dokumentasi. Teknik analisis data meliputi: reduksi data, penyajian data, verivikasi atau penarikan kesimpulan.
Sesudah penulis mengadakan penelitian dangan beberapa metode di atas memperoleh hasil bahwa (1) adapun upaya guru Al-Quran hadits dalam menmbuhkan minat berguru membaca Al-Quran di MTsN Ngantru mencakup melalui pembiasaan, Pemdiberian Point/Nilai, serta adanya bimbingan. (2) Ada beberapa faktor pendukung guru Al-Quran hadits Dalam menumbuhkan minat berguru membaca Al-Quran di MTsN Ngantru yaitu; Adanya minat dari anak didik, kemudahan yang memadai, pelajaran tilawatil Qur’an (3) faktor penghambatnya, Kurang adanya kesadaran anak didik akan pentingnya berguru membaca Al-Qur’an, Lingkungan dan keadaan ekonomi keluarga yang rendah sehingga anak didik tidak menerima perhatian dan kontrol dari orang bau tanah untuk berguru membaca Al-Qur’an.
Tag :
Pendidikan Agama Islam
0 Komentar untuk "Upaya Guru Al-Qur’An Hadits Dalam Menumbuhkan Minat Berguru Membaca Al-Qur’An Di Mtsn Ngantru (Pai-54)"