Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah Pada Bank Berdikari Cabang Hasanuddin Di Kota Palu (Pm-09)

loading...
BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar belakang
Pertumbuhan ekonomi suatu negara sanggup ditandai dengan pertumbuhan industri perbankan yang ada dalam negara tersebut. Semakin berkembang industri perbankan maka semakin baik pula pertumbuhan ekonomi negara itu sendiri. Salah satu perjuangan jasa yang menunjukkan banyak sekali kebutuhan masyarakat akan jasa pelayanan keuangan, maka perjuangan jasa perbankan selain mengedepankan profesionalisme dalam pelayanan kepada masyarakat sebagai nasabah, juga harus mengedepankan kepercayaan, alasannya yaitu sanggup dikatakan bahwa industri perbankan yaitu ialah industri yang menjual kepercayaan kepada masyarakat sebagai nasabahnya.

Masyarakat sebagai konsumen atau pasar yang dituju oleh industri perbankan mempunyai banyak sekali pertimbangan dalam menentukan perjuangan jasa perbankan yang akan digunakannya, hal tersebut sanggup dilihat dari faktor tingkat bunga yang ditawarkan oleh perbankan kepada masyarakat, tingkat kenyamanan yang dirasakan oleh masyarakat dalam hal penyimpanan uang pada bank tersebut, juga terkena kegampangan dalam memperoleh pinjaman.

Faktor-faktor tersebut yang menjadi dasar pertimbangan masyarakat untuk menentukan jasa perbankan, baik secara pribadi maupun tidak pribadi sanggup membentuk loyalitas pada diri masyarakat akan bank yang dijadikan sebagai pilihan yang dipercayainya.

Keberadaan jasa perbankan dalam masyarakat memang lebih menguntungkan terutama pada sektor perekonomian, di mana para pelaku ekonomi lebih leluasa dalam menjalankan proses acara ekonominya untuk menunjang kelangsungan hidup. Usaha jasa perbankan dalam masyarakat yang mengedepankan pelayanan yang baik demi memperoleh kepercayaan dari masyarakat sebagai nasabahnya akan menghadapi banyak sekali macam keadaan atau pandangan yang timbul dari masyarakat sebagai ungkapan kepuasan atau ketidakpuasannya akan pelayanan yang diterimanya dari pihak bank yang dipercayainya.
Di kota Palu dan sekitarnya sudah bangun beberapa bank yang menunjukkan jasa perbankan, baik bank yang dimiliki oleh pihak pemerintah maupun pihak swasta. Di antaranya Bank Rakyat Indonesia, (BRI), Bank Negara Indonesia (BNI), Bank Mandiri dan lain sebagainya. Kehadiran bank-bank tersebut, secara ekonomi mempersembahkan laba kepada masyarakat umum khususnya para pelaku ekonomi.

Menyadari akan banyak sekali hal di atas maka dalam penelitian ini peneliti tertarik untuk menentukan bank berdikari sebagai objek penelitian, dengan maksud untuk mengetahui menyerupai apa dan bagaimana loyalitas nasabah terhadap pelayanan pihak perbankan dalam hal ini Bank Mandiri Cabang Hasanuddin Palu. Karenanya perlu dilakukan kajian lebih mendalam terkena kualitas pelayanan dan loyalitas nasabah pada Bank Mandiri Cabang Hasanuddin Kota Palu melalui penelitian

1.2 Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang yang sudah diuraikan di atas maka permasalahan pokok dalam penelitian ini adalah:
a. Apakah variabel kualitas pelayanan (tangible, reliability, responsiveness, assurance, emphaty) secara serempak besar lengan berkuasa signifikan terhadap loyalitas nasabah pada Bank Mandiri Cabang Hasanuddin Palu?
b. Variabel mana yang relatif lebih secara umum dikuasai besar lengan berkuasa terhadap loyalitas nasabah pada Bank Mandiri Cabang Hasanuddin Palu?

1.3 Tujuan dan Kegunaan penelitian
1.3.1 Tujuan Penelitian
a. Untuk mengetahui dan mengukur apakah variabel kualitas pelayanan (tangible, reliability, responsiveness, assurance, emphaty) besar lengan berkuasa signifikan terhadap loyalitas nasabah pada Bank Mandiri Cabang Hasanuddin di Kota Palu.
b. Untuk mengetahui dan mengukur variabel mana yang relatif lebih secara umum dikuasai besar lengan berkuasa terhadap loyalitas nasabah pada Bank Mandiri Cabang Hasanuddin di Kota Palu.

1.3.2 Kegunaan Penelitian
a. Sebagai sumbangan aliran kepada pihak perbankan dalam menentukan kebijakan yang sempurna dalam melayani nasabah yang akan memakai jasa yang di tawarkan.
b. Sebagai pengalaman yang cukup berharga bagi peneliti untuk mengimplementasikan banyak sekali teori yang berkaitan dengan penelitian.
c. Sebagai salah satu syarat untuk memperoleh Gelar Sarjana (S1) Jurusan Manajemen Pada Fakultas Ekonomi Universitas Tadulako.
0 Komentar untuk "Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah Pada Bank Berdikari Cabang Hasanuddin Di Kota Palu (Pm-09)"

Back To Top