Implementasi Pengamanan Basis Data Dengan Teknik Enkripsi (Ik-16)

loading...
1.1. Latar Belakang Masalah
Berbagai organisasi, perusahaan, atau pun pihak – pihak lain sudah memanfaatkan teknologi basis data untuk menyimpan dan mengelola data organisasi atau perusahaannya. Saat ini, keamanan terhadap data yang tersimpan dalam basis data sudah menjadi persyaratan mutlak. Pengamanan terhadap jaenteng komputer yang terhubung dengan basis data sudah tidak lagi menjamin keamanan data lantaran kebocoran data sanggup disebabkan oleh “orang dalam” atau pihak – pihak yang eksklusif berafiliasi dengan basis data menyerupai direktur basis data. Hal ini menyebabkan pengguna basis data harus menemukan cara untuk mengamankan data tanpa campur tangan direktur basis data.

Kriptografi sanggup dipakai untuk mengamankan data. Oleh lantaran itu, pengguna basis data membutuhkan menolongan untuk memenuhi kebutuhan keamanan akan data yang disimpannya. Penerapan kriptografi pada Tugas Akhir ini akan diseriuskan bagaimana kriptografi sanggup mengamankan data hingga pada level baris (row) dan kolom (field) dengan tetap memperhatikan integritas data dan kewenangan setiap pengguna basis data. Algoritma kriptografi yang akan dipakai ialah algoritma kriptografi simetris dan bersifat stream cipher sehingga data hasil enkripsi (cipherteks) memiliki ukuran yang sama dengan data orisinil (plainteks). Teknik kriptografi simetris dipilih lantaran diperlukan dengan algoritma ini proses enkripsi – dekripsi data sanggup dilakukan dengan waktu yang lebih cepat dibandingkan dengan
algoritma kriptografi kunci publik (asimetris).

Berdasarkan atas gosip diatas, penulis membuat sebuah implementasi dengan menerapkan metode sistem enkripsi simetris dalam pengamanan login aplikasi aktivitas yang dibuat kedalam Tugas Akhir untuk menuntaskan studi pada aktivitas Sarjana Strata Satu (S1) Sekolah Tinggi Teknik Harapan dengan judul “Implementasi Pengamanan Basis Data dengan Teknik Enkripsi”.

1.2. Identifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang duduk kasus diatas, identifikasi masalahnya yaitu bagaimana merancang suatu perangkat lunak pengenkripsian basis data pada data login yang sanggup memmenolong keamanan aplikasi aktivitas dan database.







0 Komentar untuk "Implementasi Pengamanan Basis Data Dengan Teknik Enkripsi (Ik-16)"

Back To Top