Perancangan Dan Implementasi Layanan Warta Kegiatan Shalat Dan Arah Kiblat Berbasis Sms (Ik-18)

loading...
1.1 Latar Belakang
Perkembangan teknologi yang begitu cepat diberbagai bidang termasuk dibidang telekomunikasi, memungkinkan insan untuk berkomunikasi satu sama lain kapan saja, dimana saja, walaupun dipisahkan oleh jarak yang jauh. Pada dekade kini ini ada beberapa media transmisi yang digunakan dalam bidang telekomunikasi yaitu memakai kabel, maupun tanpa kabel (nir kabel).

Telepon seluler (ponsel) ialah suatu pola kemajuan dibidang telekomunikasi dengan memakai media transmisi tanpa kabel. melaluiataubersamaini menjamurnya pengguna ponsel dimana-mana, sanggup dikatakan ponsel sudah menjadi bab dari kehidupan masyarakat. Selain digunakan untuk komunikasi bunyi dengan lawan bicara, ponsel juga mempunyai kemampuan lain yaitu sanggup digunakan untuk mengirim pesan teks yang lebih terkenal dengan nama SMS (Short Message Service).


melaluiataubersamaini semakin banyaknya penerapan ponsel untuk berkirim SMS, kemudian muncul gagasan untuk membuat layanan berbasis SMS sepeti info valas, harga saham, transaksi perbankan, kuis , polling , dan lain-lain.

Layanan berbasis SMS lainnya yang tidak kalah banyak diminati masyarakat yaitu layanan yang berafiliasi dengan keagamaan dan ibadah. sepertiyang kita ketahui contohnya SMS siraman rohani, tanya balasan seputar agama, infaq dan shadaqah, dan lain-lain.

Shalat wajib lima waktu ialah kewajiban yang harus ditunaikan sebaik mungkin sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan, sesuai dengan instruksi dan tuntunan Al Qur’an dan Al Hadist. 
Layanan yang mempersembahkan info kegiatan shalat dan arah kiblat ialah hal penting untuk memmenolong melakukan ibadah tersebut, seiring dengan bertambahnya kebutuhan masyarakat akan fasilitas-fasilitas untuk menunaikan ibadah dengan memanfaatkan teknologi yang ada.
melaluiataubersamaini adanya teknologi SMS dan semakin terjangkaunya harga ponsel, spesialuntuk dibutuhkan sebuah sistem terpusat berupa database server memakai personal computer yang terhubung ke sebuah terminal baik berupa GSM modem atau cukup dengan ponsel biasa untuk mengatur layanan berbasis SMS kepada pengguna.

1.2 Identifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang problem di atas, penulis sanggup mengidentifikasikan permasalahan bahwa layanan info yang berorientasi mengutamakan kepuasan pemakai tidak lepas dari hal-hal diberikut :
1. Kecepatan 
Informasi harus sanggup diakses dengan cepat (real time)
2. Kegampangan
Informasi harus sanggup diakses dengan gampang, kapan saja dan dimana saja
3. Keakuratan
Informasi harus akurat
4. Biaya yang relatif murah
Informasi harus didapatkan dengan biaya tiruanrah mungkin dan tetap menjaga kualitas informasi
Untuk mewujudkan keempat hal di atas tentu memerlukan penemuan dan kreatifitas bagi pihak yang mempersembahkan layanan. Salah satu penemuan dan kreativitas yang bisa dilakukan yaitu dengan memanfaatkan teknologi SMS.


0 Komentar untuk "Perancangan Dan Implementasi Layanan Warta Kegiatan Shalat Dan Arah Kiblat Berbasis Sms (Ik-18)"

Back To Top