Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Tsts (Two Stay Two Stray)Terhadap Hasil Berguru Matematika Pada Bahan Aktivitas Linier Penerima Didik Kelas X Smk Veteran 1 (Pmt-58)

loading...

Dalam dunia pendidikan, pelajaran matematika mempunyai porsi terbanyak, tetapi kenyataan yang terjadi selama ini, siswa menganggap matematika sebagai monster yang paling manakutkan. Matematika di dakwa sebagai biang kesusahan dan hal yang paling dibenci dalam proses berguru di sekolah. Padahal ketidaksenangan terhadap suatu pelajaran kuat terhadap keberhasilan proses pembelajaran. Karena tidak senang, akan membuat siswa enggan dan malas untuk berguru dan secara eksklusif akan kuat pada prestasi berguru siswa.
Salah satu solusi untuk meningkatkan hasil berguru siswa ialah dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe TSTS (Two Stay Two Stray). Dua tinggal dua tamu” ialah salah satu tipe pembelajaran kooperatif yang mempersembahkan peluang kepada kelompok membagikan hasil dan isu kepada kelompok lain. Tahapan dalam pembelajaran kooperatif “dua tinggal dua tamu” ialah (1) persiapan, (2) presentasi guru, (3) kegiatankelompok, (4) presentasi kelompok, (5) penilaian dan penghargaan. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X TSM dan X TKR-2 Sekolah Menengah kejuruan Veteran 1 Tulungagung.

Rumusan duduk kasus dalam penulisan skripsi ini adalah1) Adakah efek pembelajaran kooperatif Tipe TSTS (Two Stay Two Stray)  terhadap hasil berguru Matematika pada siswa kelas X Sekolah Menengah kejuruan Veteran 1 Tulungagung ? 2) Seberapa besar efek pembelajaran kooperatif tipe TSTS ( Two Stay Two Stray ) terhadap hasil berguru matematika siswa kelas X Sekolah Menengah kejuruan Veteran 1 Tulungagung ?
Tujuan dari penelitian ini ialah 1)Untuk mengetahui adanya efek pembelajaran kooperatif Tipe TSTS (Two Stay Two Stray)  terhadap hasil berguru matematika pada siswa kelas X Sekolah Menengah kejuruan Veteran 1 Tulungagung. 2) Untuk mengetahui seberapa besar efek pembelajaran kooperatif tipe TSTS ( Two Stay Two Stray ) terhadap hasil berguru matematika siswa kelas X Sekolah Menengah kejuruan Veteran 1 Tulungagung.
Pola penelitian yang dipakai yaitu eksperimen, variabel bebas (X) dalam penelitian ini ialah efek pembelajaran kooperatif Tipe TSTS (Two Stay Two Stray). Sedangkan variabel terikatnya (Y) ialah hasil berguru matematika siswa kelas X Sekolah Menengah kejuruan Veteran 1 Tulungagung. populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X Sekolah Menengah kejuruan Veteran 1 Tulungagung yang berjumlah 155 siswa. Dalam pengambilan sampel dipakai metode sampling acakan atau random. Sampel yang dipakai dalam penelitian ini sebanyak 65 siswa. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Menengah kejuruan Veteran 1 Tulungagung mulai tanggal 11-25 Mei 2011. Teknik yang dipakai untuk pengambilan data yaitu observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh, diolah dengan metode analisis t-test.
Dari hasil penelitian (1) Ada efek yang signifikan pembelajaran melalui  model Two Stay Two Sray terhadap hasil berguru matematika siswa kelas X pada pokok bahasan program linier di Sekolah Menengah kejuruan Veteran 1 Tulungagung tahun fatwa 2010/2011dengan nilai ttabel (1% = 2,660) < thitung (6,046) > ttabel (5% = 2,000), yang berarti bahwa nilai thitung lebih dari nilai ttabel baik pada taraf 5% maupun 1% (2). Sedangkan besarnya efek pembelajaran melalui model Two Stay Two Sray terhadap hasil berguru matematika siswa kelas X pada pokok bahasan aktivitas linier di X Sekolah Menengah kejuruan Veteran 1 Tulungagung ialah 26,83 %.
Mengacu dari hasil penelitian tersebut sanggup diajukan beberapa masukan, yaitu bagi: 1)Guru, sebagai materi  pertimbangan taktik pembelajaran yang akan dipakai dalam kegiatan berguru mengajar sehingga guru sanggup menentukan model pembelajaran apa yang paling sempurna digunakan serta hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan sebagai masukan dalam kegiatan berguru mengajar disekolah. 2) Siswa, dapat menumbuhkan minat dan motivasi siswa untuk berguru lebih ulet dengan adanya penerapan model pembelajaran yang tepat serta diharapkan sanggup memmenolong siswa lebih  memahami materi dengan selalu mengaitkan isi pembelajaran yang mereka dapatkan dalam kehidupan sehari-hari.3)Peneliti Selanjutnya, hasil penelitian ini diperlukan sanggup mempersembahkan isu wacana efek model pembelajaran Kooperatif Tipe TSTS (Two Stay Two Stray )dan memperdalam pengetahuan serta cara pengajaran yang baik  khususnya dengan memakai model pembelajaran pada pelajaran matematika. Selain itu, bagi peneliti selanjutnya diperlukan biar sanggup membuatkan pengetahuan yang berkaitan dengan pembelajaran Kooperatif Tipe TSTS (Two Stay Two Stray) terhadap minat dan hasil berguru matematika.
0 Komentar untuk "Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Tsts (Two Stay Two Stray)Terhadap Hasil Berguru Matematika Pada Bahan Aktivitas Linier Penerima Didik Kelas X Smk Veteran 1 (Pmt-58)"

Back To Top