Pengembangan Produk Konsumen Dengan Fokus Kebutuhan Pelanggan (Studi Kasus Pada Produk Sabun Mandi Cv Balqis Queen Solo) (Tis-01)

loading...
BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
CV Balqis Queen, salah satu produsen sabun mandi, harus menghadapi persaingan yang ketat. Kuatnya produk usang bertahan di pasar dan munculnya merk-merk produk atau varian gres di pamasukan menjadi salah satu indikatornya. Berdasar data dari tubuh Pengawasan Obat dan Makanan (POM) dalam rentang empat bulan, dari bulan Januari hingga dengan April 2005, sudah dikeluarkan lima puluh satu ijin edar gres untuk produk sabun mandi (POM,2005). Kenyataan ini berdampak pada iklim persaingan yang kompetitif.

Menghadapi persaingan yang semakin ketat, maka CV Balqis Queen memerlukan taktik biar sanggup bertahan. Salah satu taktik persaingan ialah dengan membuatkan produk (Ulrich,2001). Dalam melaksanakan pengembangan produk harus berserius pada pelanggan alasannya ialah apapun yang dilakukan administrasi tidak akan ada gunanya jikalau tidak berdampak pada peningkatan kepuasan pelanggan (Tjiptono,2002). Oleh alasannya ialah itu, pengembangan produk dengan serius kebutuhan pelanggan akan menjadi salah satu taktik untuk memenangkan persaingan.
Pengembangan produk sebaiknya memakai metode yang terstruktur (Ulrich,2001). Pengembangan produk harus dipertamai dengan identifikasi kebutuhan pelanggan (Ulrich,2001). Proses identifikasi kebutuhan pelanggan bertujuan untuk mengetahui atribut-atribut yang penting dan bekerjasama dengan kepuasan pelanggan sebagai dasar dalam langkah pengembangan produk selanjutnya.

1.2 Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian pada latar belakang maka sanggup diperoleh rumusan persoalan sebagai diberikut :
1. Perlu diketahui apa saja atribut-atribut yang harus diperhatikan alasannya ialah berkaitan eksklusif dengan kebutuhan dan kepuasaan pelanggan produk sabun mandi.
2. Perlunya mengetahui tingkat kepentingan dan kepuasan dari masing-masing atribut bagi pelanggan
3. Perlunya memilih prioritas atribut yang harus dikembangkan
4. Perlunya perancangan pengembangan produk sabun mandi produksi CV Balqis Queen

0 Komentar untuk "Pengembangan Produk Konsumen Dengan Fokus Kebutuhan Pelanggan (Studi Kasus Pada Produk Sabun Mandi Cv Balqis Queen Solo) (Tis-01)"

Back To Top