loading...
BAB 1. PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Sehat yakni keadaan sejahtera, baik dari segi badan, mental spiritual (dirinya sendiri) maupun segi sosial budaya (lingkungannya). Sehat ialah kehendak tiruana pihak, tidak spesialuntuk oleh perorangan, tetapi oleh keluarga, kelompok dan masyarakat. Keadaan sehat membutuhkan banyak hal, salah satu diantaranya yakni menyelenggarakan pelayanan kesehatan (Azwar, 1996).
Pelayanan kesehatan yakni setiap upaya yang diselenggarakan sendiri atau bahu-membahu dalam suatu organisasi untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan perseorangan, keluarga, kelompok ataupun masyarakat (Leevey dan Loomba, 1973 dalam Azwar,1996). Bentuk dan jenis pelayanan kesehatan ada dua, yaitu pelayanan kedokteran dan pelayanan kesehatan masyarakat. Pelayanan kesehatan yang termasuk dalam kelompok pelayanan kedokteran (medical services) ditandai dengan cara pengorganisasian yang sanggup bersifat sendiri (solo practice) atau secara bahu-membahu dalam satu organisasi (institution). Tujuan utamanya untuk menyembuhkan penyakit dan memulihkan kesehatan serta samasukan utamanya untuk perseorangan dan keluarga. Pelayanan kesehatan masyarakat ditandai dengan cara pengorganisasian yang umumnya secara bahu-membahu dalam suatu organisasi, tujuan utamanya yakni memelihara dan meningkatkan kesehatan serta mencegah penyakit, samasukan utamanya untuk kelompok dan masyarakat (Hodgetts dan Cascio, 1983 dalam Azwar, 1996).
Rumah sakit sebagai salah satu masukana kesehatan yang mempersembahkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, mempunyai kiprah yang sangat strategis dalam mempercepat peningkatan derajat kesehatan masyarakat, oleh alasannya itu rumah sakit dituntut untuk mempersembahkan pelayanan yang berkarakter sesuai dengan standar yang diputuskan dan sanggup menjangkau seluruh lapisan masyarakat (Keputusan Menteri Kesehatan No. 228/2002).
Rumah Sakit Gigi dan Mulut Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Jember (RSGM FKG Universitas Jember) ialah rumah sakit khusus, alasannya spesialuntuk mempersembahkan satu jenis pelayanan kesehatan yaitu kesehatan gigi dan mulut. RSGM FKG Universitas Jember mengharapkan biar tuntutan masyarakat terhadap peningkatan mutu pelayanan kesehatan sanggup terpenuhi, maka rumah sakit ialah masukana pelayanan yang paling dibutuhkan, alasannya mempersembahkan pelayanan secara optimal dari tingkat dasar sampai paling canggih. Kesehatan gigi dan verbal ialah bab yang tidak terpisahkan dengan kesehatan lainnya, sangat membutuhkan masukana pelayanan kesehatan yang komprehensif dan multifungsional berupa rumah sakit gigi dan verbal sebagai sentra tumpuan bagi pelayanan kesehatan gigi, lahan pendidikan dan penelitian. Peningkatan standar pelayanan kesehatan dari RSGM FKG Universitas Jember diharapkan biar RSGM sanggup mempersembahkan pelayanan kepada masyarakat dengan mutu pelayanan yang memenuhi standar pelayanan yang berlaku (Depkes RI, 2003).
Penilaian yakni suatu proses yang teratur dan sistematis dalam membandingkan hasil yang dicapai dengan tolok ukur atau kriteria yang sudah diputuskan, dilanjutkan dengan pengambilan kesimpulan serta penyusunan masukan-masukan yang sanggup dilakukan pada setiap tahap dari pelaksanaan kegiatan (The International Clearing House on Adolescent Fertility Control for Population Options dalam Azwar, 1996).
Penilaian wacana standar pelayanan rumah sakit melalui kepatuhan mekanisme kerja di RSGM FKG Universitas Jember ialah salah satu upaya penilaian hasil karya tenaga kerja dengan membandingkan terhadap standar. Penilaian prestasi harus melibatkan seluruh jajaran organisasi, penilaian harus mengetahui benar aspek yang berkaitan dengan tugas, tanggung tanggapan tenaga kerja dan mengetahui kriteria yang akan dinilai, terlebih lampau harus diputuskan instrumen penilaian prestasi kerja (Darmanto, 1997).
RSGM FKG Universitas Jember ialah salah satu rumah sakit pendidikan dengan rata-rata kunjungan per hari 118 orang dan jumlah total kunjungan dalam 1 tahun yakni 25.759 orang. Jumlah tersebut sudah melebihi standar minimal rata-rata kunjungan yang sudah diputuskan. Dewi Irin (2005), menyatakan bahwa 85,7% responden menyatakan puas dengan pelayanan yang didiberikan RSGM FKG Universitas Jember. Iin Rahmawati (2006) menyatakan bahwa pelayanan kesehatan gigi dan verbal di RSGM belum baik, alasannya spesialuntuk 41,8% responden yang menjawaban baik. melaluiataubersamaini jumlah pasien setiap tahun yang terus meningkat, penulis ingin mengetahui apakah pelayanan yang didiberikan kepada pasien sudah mematuhi standar pelayanan yang berlaku.
Penelitian wacana penilaian standar pelayanan rumah sakit melalui kepatuhan mekanisme kerja dilakukan di RSGM FKG Universitas Jember untuk mengetahui standar pelayanan rumah sakit yang diukur dari kepatuhan mekanisme kerja yang dilakukan oleh mahasiswa tingkat profesi Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Jember.
1.2 Rumusan Masalah
Rumusan problem yakni bagaimana standar pelayanan RSGM yang diukur melalui kepatuhan mekanisme kerja yang diterapkan oleh RSGM FKG Universitas Jember.
Tag :
Kedokteran
0 Komentar untuk "Penilaian Standar Pelayanan Rumah Sakit Melalui Kepatuhan Mekanisme Kerja Di Rumah Sakit Gigi Dan Verbal Fakultas Kedokteran Gigi (Kd-01)"