Analisis Kemampuan Keuangan Tempat Dalam Pelaksanaan Otonomi Tempat Tahun 2007-2011 Di Kota Makassar (Ke-78)

loading...

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat perkembangan kemampuan keuangan Kota Makassar dalam rangka mendukung pelaksanaan otonomi kawasan dan konstribusi Pendapatan Asli Daerah terhadap Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kota Makassar tahun anggaran 2007-2011. Jenis penelitian yakni kuantitatif kualitatif (mixed method). Dimana, penelitian kuantitaif memakai beberapa rasio keuangan, yaitu: rasio kemandirian keuangan daerah, rasio derajat desentralisasi fiskal, rasio indeks kemampuan rutin, rasio keserasian, dan rasio pertumbuhan, sedangkan penelitian kualitatif memmenolong interpretasi kekerabatan antara variabel dan mengungkapkan alasan bagi hubungan-hubungan itu serta menunjukan faktor-faktor yang mendasari kekerabatan yang terbangun.


Tipe penelitian yakni deskriptif dimana akan diuraikan dan dianalisis permasalahan penelitian. Peneliti berusaha memaparkan kejadian dan kejadian yang menjadi pusat perhatiannya, kemudian kejadian tersebut dideskripsikan memakai Indeks Kemampuan Keuangan sebagai alat analisis.

Hasil penelitian, rasio kemandirian keuangan kawasan yang memperoleh hasil rata-rata sebesar 18,30% atau berada pada referensi kekerabatan instruktif. Rasio derajat desentralisasi fiskal dan rasio indeks kemampuan rutin yang mengatakan kemampuan keuangan kawasan masih kurang, yaitu sebesar 15,39% dan 24,99%. Pada rasio keserasian, pengeluaran belanja rutin lebih besar dibandingkan dengan belanja pembangunan dengan gap sebesar 25,60%. Rasio pertumbuhan, secara keseluruhan mengalami pertumbuhan yang negatif, alasannya peningkatan pendapata orisinil kawasan dan total pendapatan kawasan tdak diikuti oleh pertumbuhan belanja pembangunan, tetapi diikuti oleh pertumbuhan belanja rutin. Konstribusi PAD terhadap APBD, masih kurang, yaitu sebesar 15,39%. melaluiataubersamaini melihat hasil analisis tersebut, perkembangan kemampuan keuangan Kota Makassar dalam rangka pelaksanaan otonomi kawasan dianggap masih kurang.
Tag : Keuangan
0 Komentar untuk "Analisis Kemampuan Keuangan Tempat Dalam Pelaksanaan Otonomi Tempat Tahun 2007-2011 Di Kota Makassar (Ke-78)"

Back To Top