Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Busana Muslim (Pm-43)

loading...
Di dalam periode globalisasi dan pasar bebas, banyak sekali jenis barang dengan ratusan merek membanjiri pasar Indonesia. Persaingan antar merek setiap produk akan semakin tajam dalam merebut konsumen. Bagi konsumen, pasar menyediakan banyak sekali pilihan produk dan merek yang banyak. Konsumen bebas menentukan produk dan merek yang akan dibelinya. Keputusan membeli ada pada diri konsumen. Konsumen akan memakai banyak sekali kriteria dalam membeli produk dan merek tertentu, diantaranya yaitu ia akan membeli produk yang sesuai kebutuhannya, seleranya dan daya belinya. Konsumen tentu akan menentukan produk yang berkarakter lebih baik dengan harga yang lebih murah.

Keputusan pembelian didefinisikan sebagai pemilihan suatu tindakan dari           dua atau lebih pilihan alternatif, berdasarkan Schiffman dan Kanuk (Sumarwan, 2003:289). Keputusan membeli oleh seorang konsumen terhadap suatu produk dipertamai dengan kesadaran pembeli akan adanya problem kebutuhan. Konsumen menyadari bahwa terdapat perbedaan antara kondisi sebetulnya dengan kondisi yang diinginkan. Hal ini menimbulkan konsumen aktif mencari gosip yang lebih banyak untuk mengetahui produk yang diminatinya. Sesudah memperoleh gosip dan melaksanakan penilaian barulah seorang konsumen akan memutuskan untuk membeli suatu produk yang sesuai dengan cita-cita dan kebutuhannya. Sebelum keputusan tersebut diambil, seseorang akan dihadapkan pada suatu proses pengambilan keputusan yang terdiri dari pengenalan masalah, pencarian informasi, penilaian alternatif, pembelian dan purna beli konsumen. 


Oleh alasannya yaitu itu para pemasar berkewajiban untuk memahami konsumen, mengetahui apa yang dibutuhkannya, apa seleranya dan bagaimana ia mengambil keputusan sehingga sanggup memproduksi barang yang sesuai dengan kebutuhan konsumen. Pemahaman yang mendalam terkena faktor-faktor apa yang menghipnotis konsumen sehingga melaksanakan pembelian, melalui : kualitas produk, merek, harga dan promosi. Penelitian ini mengacu dari penelitian yang dilakukan oleh Diah Pitaloka, 2010, Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Laptop Merek Acer Pada Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat di USU Medan, dimana variabel-variabel yang menghipnotis keputusan pembelian laptop yaitu kualitas produk, merek, harga dan promosi.

Pentingnya faktor-faktor tersebut diketahui, maka dalam penelitian ini dilakukan penelitian pada perusahaan Waralaba, khususnya pada produk busana muslim. Dimana dalam memasarkan busana muslim, maka perlu diperhatikan terkena kualitas produk, harga, merek dan promosi. Dimana kualitas produk berkaitan dengan daya tahan kain, keistimewaan, keandalan, kesesuaian. Harga berkaitan dengan nilai yang diubahsuaikan dengan produk busana muslim, merek yaitu ialah tangible dan intangible yang terwakili dalam sebuah trademark (merek dagang) yang bisa membuat nilai dan dampak tersendiri di pasar jika diatur dengan tepat. Sedangkan promosi yaitu komunikasi dari penjual yang berasal dari gosip yang sempurna dan bertujuan untuk merubah perilaku dan tingkah laris pembeli, yang tadinya tidak mengenal menjadi mengenal sehingga tetap mengingat produk tersebut.

Berdasarkan uraian ini peneliti tertarik untuk menentukan judul penelitian “Analisis Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Busana Muslim (Studi Kasus Perusahaan Waralaba)


0 Komentar untuk "Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Busana Muslim (Pm-43)"

Back To Top