Analisis Perjuangan Ternak Domba Ekor Gemuk Studi Dengan Memakai Pakan Konsentrat Di Desa Karangpring Kecamatan Sukorambi Kabupaten Jember (Prt-101)

loading...
BAB I
PENDAHULUAN

1.1.        Latar Belakang
Pemberdayaan masyarakat dan seluruh kekuatan ekonomi nasional terutama pengusaha kecil, menengah, dan koperasi, dengan mengembang sistem ekonomi kerakyatan yang bertumpu pada prosedur pasar yang berkeadilan dan berbasis pada sumber daya alam dan sumber daya insan yang produktif, mandiri, maju, berdaya saing, berwawasan lingkungan dan berkelanjutan, ialah misi GBHN 1999-2004.

Potensi Jawa Timur khususnya Kabupaten Jember sangat besar untuk peternakan ruminansia termasuk domba. Kondisi tanah yang rindang dan curah hujan yang cukup ialah modal untuk ketersediaan hijauan pakan ternak tetap ada sepanjang tahun. Masyarakat sudah mengenal domba secara turun-temurun, lantaran simpel pemeliharaan dan hampir selalu beranak kembar sehingga cepat berkembang. Proses perkembangbiakan yang cepat akan memacu permodalan menjadi lebih cepat.

Tenaga kerja relatif murah dan available, daya dukung alam, dan peluang, pasar yang kian terbuka menuntut suatu perilaku pengusahaan ternak domba secara profesional, konseptional, terarah dan berkesinambungan.
Pengusahaan ternak dengan berkelompok dalam satu daerah kandang, akan megampangkan pemeliharaan, pengawasan dan lebih ekonomis.


Kebutuhan daging domba untuk konsumsi penduduk Indonesia dirasa semakin meningkat setiap tahun sesuai dengan kenaikan jumlah penduduk, tetapi di lain pihak pengadaan daging domba setiap ketika dirasa menurun.
Salah satu perjuangan peningkatan pengadaan daging domba ujung gemuk baik dalam jumlah maupun kualitasnya ialah dengan perjuangan domba ujung gemuk. Penggemukkan domba ujung gemuk ialah domba ujung gemuk jantan yang dipelihara dalam sangkar tertentu, tidak dipekerjakan tetapi spesialuntuk didiberi makan dengan nilai nutrisi yang optimal untuk menaikkan berat tubuh dan kesehatan domba ujung gemuk yang terbaik. melaluiataubersamaini pemeliharaan sistem ini, daging yang dihasilkan akan lebih lunak walaupun kandungan lemaknya menjadi sedikit dan lebih tebal.

Usaha  domba ujung gemuk  ini bertujuan menghasilkan keuntungan. Agar suatu perjuangan memperoleh laba yang diharapkan, perencanaan harus dibentuk dengan pertimbangan yang matang. Analisis komprehensif terkena kelayakan suatu wilayah atau tempat untuk lokasi domba ujung gemuk  ialah salah satu faktor penentu keberhasilan perjuangan domba ujung gemuk .

Bertitik tolak dari hal tersebut, Desa Karangpring Kecamatan Sukorambi yang sebagian masyarakatnya berprofesi sebagai peternak harus sanggup meningkatkan hasil ternak serta laba yang harus diraih dengan cara meningkatkan contoh beternak yang baik.
Salah satu penyebab terjadinya keadaan ini ialah adanya ketidaksesuaian peternak perihal  administrasi perjuangan domba ujung gemuk  yang disebabkan lantaran kurangnya isu dan pembinaan.

Untuk mengatasi hal tersebut, maka perlu memperhatikan kiprah pokok penyuluhan pertanian, yaitu melaksanakan aktivitas penyuluhan pertanian untuk menyebarkan kemampuan petani dalam menguasai, memanfaatkan dan menerapkan teknologi sehingga bisa bertani lebih baik ( Better Farming ), berusahatani lebih menguntungkan ( Better Business ), serta membina kehidupan keluarga yang lebih sejahtera ( Better Living ) . Anonymous, 1998 : 5.
Pengembangan dan training penyuluhan kepada petani perlu secara terus menerus dilakukan dan berkesinambungan serta hendaknya diubahsuaikan dengan keadaan sosial budaya masyarakat petani setempat.

Untuk mendukung upaya tersebut dibutuhkan suatu penelitian ihwal rendabilitas perjuangan domba ujung gemuk dengan pemdiberian konsentrat. Penelitian ini diperlukan sanggup memdiberi masukan terutama kepada para peternak semoga sanggup mengambil keputusan yang sempurna dalam mengalokasikan modalnya pada perjuangan domba ujung gemuk  dengan konsentrat.


Tag : Pertanian
0 Komentar untuk "Analisis Perjuangan Ternak Domba Ekor Gemuk Studi Dengan Memakai Pakan Konsentrat Di Desa Karangpring Kecamatan Sukorambi Kabupaten Jember (Prt-101)"

Back To Top