Impact Technique Untuk Meningkatkan Disiplin Siswa Dalam Praktikum Fisika (Pfis-6)

loading...

BAB I


PENDAHULUAN


Latar Belakang

Belajar fisika akan menjadi lebih mengasyikkan apabila digabung dengan acara nyata. Belajar dengan  banyak mengadakan praktikum, pengamatan, dan memakai banyak sekali kemudahan menjadikan fisika lebih sangat senang dan melatih siswa membuatkan aspek kognitif, psikomotoriknya dan afektif.


“Jika dihitung-hitung, kita sering kali lebih banyak disibukkan dengan mengerjakan hal-hal yang berkaitan dengan administrasi kelas yang melelahkan dan tak pernah kunjung selesai, daripada mengulang-ulang bahan yang kita ajarkan” (Danie Beaulieu:13)


Observasi lingkungan sekolah dan proses berguru mengajar di kelas diadakan sebelum melakukan penelitian. Observasi dilakukan di SMPN 172 Jakarta yang sudah memakai KTSP dan evaluasi didasarkan pada tiga aspek, yaitu kognitif, psikomotorik dan afektif. Observasi mencakup kunjungan ke laboratorium yang cukup menyediakan alat-alat praktikum. Pengelolaan praktikum yang sanggup membuatkan disiplin siswa sangat dibutuhkan. Hal ini dilakukan alasannya ialah pelaksanaan praktikum sangat penting, sedangkan pada pelaksanaannya terdapat siswa yang tidak mematuhi tata tertib praktikum sehingga menjadikan kegaduhan.

Masalah tersebut bisa diselesaikan dengan memakai Impact Technique. Hal ini sesuai dengan standar isi kurikulum KTSP IPA menekankan kemampuan bersikap dan keterampilan.


‘’Kompetensi adalah kemampuan bersikap, berpikir, dan bertindak secara konsisten sebagai perwujudan dari pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang dimiliki oleh akseptor didik’’(Badan Standar Nasional Pendidikan:49)


Impact Technique ialah metode yang berafiliasi dengan administrasi ruang kelas, beberapa yang lain menitikberatkan pada permasalahan seputar sikap dan sikap menghadapi siswa, dan sisanya masih dimaksudkan memdiberi pemberian pada kesusahan yang mungkin dialami oleh dewasa (Beaulieu:11). Impact Technique digunakan dengan harapan sanggup mengatasi problem tersebut.


Judul : Impact Technique Untuk Meningkatkan Disiplin Siswa Dalam Praktikum Fisika (PFIS-6))


0 Komentar untuk "Impact Technique Untuk Meningkatkan Disiplin Siswa Dalam Praktikum Fisika (Pfis-6)"

Back To Top