Manajemen Komite Olahraga Nasional Indonesia (Koni) Propinsi Jawa Tengah Tahun 2005 (Pol-2)

loading...
Olahraga ialah kebutuhan insan yang ialah unsur pokok dan sangat besar lengan berkuasa dalam pembentukan jiwa (rohani) dan jasmani (raga/tubuh) yang kuat. sepertiyang sesuai dengan semboyan Yunani Kuno yang berbunyi : Orandum est ut sit, mens sana in corpore sano yang sanggup diartikan “semoga hendaknya, dalam badan/tubuh/raga yang kuat bersemayam jiwa yang sehat“. Sehingga setiap insan yang sering melaksanakan acara olahraga akan mempunyai kesehatan rohani dan jasmani yang lebih baik dibanding insan yang jarang atau tidak pernah melaksanakan acara olahraga.


Selain itu seiring dengan perkembangan olahraga, olahraga juga dipakai sebagai masukana untuk mengangkat harkat dan martabat. Hal tersebut sanggup dicapai melalui prestasi yang membanggakan dibidang olahraga. Untuk mencapai tujuan tersebut, di Indonesia sudah ada satu organisasi keolahragaan nasional yang berwenang mengkoordinasikan dan membina setiap dan seluruh acara olahraga prestasi. Organisasi yang dimaksud yaitu Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) yang mempunyai tujuan untuk mewujudkan prestasi olahraga yang membanggakan, membangun tabiat bangsa untuk mengangkat harkat dan martabat bangsa Indonesia (KONI, 1999 : 3). Untuk sanggup mencapai tujuan tersebut, KONI mempunyai susunan organisasi mulai dari tingkat kecamatan hingga ketingkat pusat. Rangkaian susunan Pimpinan KONI tersebut, berkewajiban untuk melaksanakan kiprah dan kewajibannya sesuai dengan Anggaran Dasar / Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) dan keputusan lain yang mengikat, menyerupai keputusan Musornas, Raparnas, Musorda, Musda dan Raparda.

melaluiataubersamaini susunan organisasi yang sangat komplek tersebut, KONI sebagai satu-satunya wadah yang mengkoordinasikan dan membina olahraga prestasi di Indonesia dituntut untuk sanggup melaksanakan tugasnya dengan baik serta mempunyai pengelolaan administrasi yang teratur. Sehingga menjadi organisasi yang sanggup berdiri diatas kaki sendiri dalam mencapai tujuan yang diharapkan. Hal tersebut menjadi nilai mati dan harus dilaksanakan oleh KONI alasannya yaitu keberhasilan suatu organisasi termasuk KONI tidak akan pernah tercapai tanpa adanya suatu perencanaan, pengorganisasian, pengarahan kerja serta dengan adanya suatu pengawasan atas pelaksanaan kerja. Syarat-syarat tersebut ialah bab dari pelaksanaan manajemen. melaluiataubersamaini mempunyai administrasi yang baik dan teratur, KONI akan bisa melaksanakan tugasnya dengan lebih profesional. melaluiataubersamaini kerja yang profesional KONI akan bisa menghadapi tantangan yang dihadapi. Serta sanggup mencapai tujuannya dalam mewujudkan prestasi olahraga yang membanggakan, membangun tabiat bangsa untuk mengangkat budbahasa bangsa.

Selain hal tersebut diatas, kiprah aktif anggota masyarakat sangat dibutuhkan dalam upaya pencapaian tujuan tersebut. Namun pada kenyataannya, pemahaman masyarakat wacana tujuan dan kiprah KONI yang masih kurang membuat kiprah masyarakat belum terbaik bahkan sebagian masyarakat tidak peduli dengan perkembangan olahraga prestasi yang menjadi tujuan keberadaan KONI. Upaya yang harus dilakukan untuk meningkatkan kepedulian masyarakat yaitu dengan mempersembahkan pemahaman wacana tujuan dan kiprah KONI, sehingga pada karenanya peranan masyarakat dalam meningkatkan olahraga prestasi sanggup ditingkatkan.
1.2 Permasalahan

Dari latar belakang tersebut, maka sanggup ditarik permasalahan “Bagaimana administrasi Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Propinsi Jawa Tengah Tahun 2005 ? “

1.3 Tujuan Penelitian

Tujuan yang hendak dicapai dari penelitian yang ini yaitu sanggup mendiskripsikan administrasi Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Propinsi Jawa Tengah Tahun 2005.

1.4 Penegasan Istilah

Agar tidak terjadi kesalahpahaman dan untuk mempersembahkan pemahaman wacana arah penelitian yang akan dilakukan, maka perlu ditegaskan istilah-istilah terkena komponen pokok penelitian yaitu manajemen, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI).

1.4.1 Manajemen

Dalam mempersembahkan definisi administrasi muncul beberapa pendapat. Menurut definisi yang dikembangkan oleh Manullang, administrasi yaitu seni dan ilmu perencanaan, pengorganisasian, penyusunan karyawan, pemdiberian perintah dan pengawasan terhadap human and resources untuk mencapai tujuan yang sudah ditentukan (Djati Julitriarsa dan John Suprihanto, 1988 : 3). George R. Terry mempersembahkan definisi administrasi sebagai suatu proses yang membedakan atas perencanaan, pengorganisasian, penggerakan pelaksanaan kerja dan pengawasan dengan memanfaatkan ilmu maupun seni untuk menuntaskan tujuan yang sudah diputuskan (Soewarno Handayaningrat, 1982 : 20).

1.4.2 Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Propinsi Jawa Tengah

Dalam anggaran dasar dan anggaran rumah tangga (AD/ART) KONI wacana status KONI diartikan bahwa KONI yaitu satu-satunya organisasi keolahragaan nasional yang berwenang mengkoordinasikan dan membina setiap dan seluruh acara olahraga prestasi di seluruh wilayah aturan Negara Kesatuan Republik Indonesia (KONI 1999 : 3). KONI Propinsi Jawa Tengah ialah kepantidakboleh tangan dari KONI sentra yang berkedudukan dan mempunyai wilayah kerja di Propinsi Jawa Tengah. KONI Propinsi Jawa Tengah mempunyai kantor di Komplek GOR Jati Diri Karangrejo Semarang.

1.5 Manfaat Penelitian

Dalam melaksanakan setiap penelitian dibutuhkan semoga mendapat manfaat dari penelitian. Adapun manfaat dari penelitian ini yaitu :



1.5.1 Bagi pihak KONI

Dapat dijadikan sebagai materi masukan yang sanggup dipertimbangkan untuk meningkatkan profesionalisme kerja dan acara KONI Propinsi Jawa Tengah dalam mengkoordonasi dan membina olahraga prestasi di Jawa Tengah.

1.5.2 Bagi peneliti
Dapat mengetahui secara terang terkena administrasi KONI Propinsi Jawa Tengah dalam mengkoordonasi dan membina olahraga prestasi di Jawa Tengah.
1.5.3 Bagi pembaca

Dapat dijadikan sebagai materi tumpuan yang sanggup menambah pemahaman wacana administrasi KONI Propinsi Jawa Tengah dalam mengkoordonasi dan membina olahraga prestasi di Jawa Tengah.


0 Komentar untuk "Manajemen Komite Olahraga Nasional Indonesia (Koni) Propinsi Jawa Tengah Tahun 2005 (Pol-2)"

Back To Top