loading...
Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi bahwa adanya fenomena akseptor didik yang masuk ke MAN Tulungagung 2 berasal dari majemuk riwayat pendidikan, yaitu dari MTs dan SMP. Mestinya yang dari Sekolah Menengah Pertama harus mengejar materi yang diajarkan di MTs yang lalu dilanjutkan di MAN Tulungagung 2. Maka yang terjadi yaitu akseptor didik yang berasal dari Sekolah Menengah Pertama berprestasi lebih rendah daripada yang berasal dari MTs. Akibatnya kesentidakboleh sosialpun terjadi, yaitu antara akseptor didik dari Sekolah Menengah Pertama dan dari MTs.
Rumusan masalahnya yaitu 1) Bagaimana prestasi mencar ilmu bidang studi aqidah adab siswa kelas X yang berasal dari Sekolah Menengah Pertama di MAN Tulungagung 2. 2) Bagaimana prestasi mencar ilmu bidang studi aqidah adab siswa kelas X yang berasal dari MTs di MAN Tulungagung 2. 3) Bagaimana komparasi prestasi mencar ilmu bidang studi aqidah adab siswa kelas X yang berasal dari Sekolah Menengah Pertama dan MTs di MAN Tulungagung 2.
Tujuan penelitian: 1) Untuk mengetahui prestasi mencar ilmu bidang studi aqidah adab siswa kelas X yang berasal dari Sekolah Menengah Pertama di MAN Tulungagung 2. 2) Untuk mengetahui prestasi mencar ilmu bidang studi aqidah adab siswa kelas X yang berasal dari MTs di MAN Tulungagung 2. 3) Untuk mengetahui komparasi prestasi mencar ilmu bidang studi aqidah adab siswa kelas X yang berasal dari Sekolah Menengah Pertama dan MTs di MAN Tulungagung 2.
Kegunaan hasil penelitian, semoga bermanfaa untuk pengembangan khazanah keilmuan serta sebagai materi tumpuan atau rujukan dan suplemen pustaka pada perpustakaan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Tulungagung, terutama yang berkaitan dengan pembelajaran aqidah akhlak, sanggup dipakai sebagai suplemen materi pertimbangan untuk memilih kebijakan-kebijakan dalam rangka peningkatan prestasi mencar ilmu siswa sehingga bisa menuju kearah yang lebih baik dan sanggup menawarkan kualitas pendidikan.
Metode penelitian, penelitian ini bersifat deskriptif, komparatif kuantitatif, populasinya seluruh siswa kelas X MAN Tulungagung 2, sampelnya 86 orang, metode samplingnya proportionate random sampling, variabel penelitiannya yaitu independent variabel yang dikomparasikan, teknk dan instrumen pengumpulan data yaitu observasi, interview, dan dokumentasi. Analisis data dengan induktif dan SPSS dengan mencari perbandingan rata-rata.
Hasil penelitian: 1) Rata-rata atau mean nilai mata pelajaran aqidah adab untuk siswa yang berasal dari SMP atau variabel X2 di MAN Tulungagung 2 yaitu 79, 28. Hal itu menawarkan bahwa siswa dari Sekolah Menengah Pertama juga bisa mengikuti dengan baik dan menyerap mata pelajaran aqidah akhlak. 2) Rata-rata atau mean nilai mata pelajaran aqidah adab untuk siswa yang berasal dari MTs atau variabel X1 di MAN Tulungagung 2 yaitu 81,11. Hal itu menawarkan bahwa siswa dari MTs juga bisa mengikuti dengan baik dan menyerap mata pelajaran aqidah akhlak. 3) Rata-rata nilai mata pelajaran aqidah adab siswa yang berasal dari MTs lebih besar dari pada rata-rata nilai mata pelajaran aqidah adab siswa yang berasal dari Sekolah Menengah Pertama atau sanggup dirumuskan X1>X2
Tag :
Pendidikan Agama Islam
0 Komentar untuk "Studi Komparasi Prestasi Mencar Ilmu Siswa Kelas X Antara Yang Berasal Dari Smp Dan Mts Bidang Studi Aqidah Watak Di Man Tulungagung 2 (Pai-64)"