Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Mencar Ilmu Matematika Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Siswa Kelas Viii B Mts Sa Hidayatul Mubtadiin Sawahan Blitar (Pmt-13)

loading...


Pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw yaitu suatu tipe pembelajaran kooperatif yang terdiri dari beberapa anggota dalam satu kelompok yang bertanggung balasan atas penguasaan bab bahan berguru dan bisa mengajarkan bahan tersebut kepada anggota lain dalam kelompoknya.
Rumusan dilema dalam penelitian ini adalah: 1. Bagaimana meningkatkan motivasi dan prestasi berguru matematika melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada siswa kelas VIII B MTs SA Hidayatul Mubtadiin Sawahan Blitar. 2. Apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw sanggup meningkatkan motivasi dan prestasi berguru matematika siswa kelas VIII B MTs SA Hidayatul Mubtadiin Sawahan Blitar. Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah: 1. Untuk mendiskripsikan peningkatan motivasi dan prestasi berguru matematika siswa kelas VIII B MTs SA Hidayatul Mubtadiin Sawahan Blitar melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. 2. Untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw sanggup meningkatkan motivasi dan prestasi berguru matematika siswa kelas VIII B MTs SA Hidayatul Mubtadiin Sawahan Blitar.
Pola penelitian yang dipakai yaitu kualitatif dengan jenis penelitian Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sedangkan dalam prakteknya penelitian ini di lakukan selama  4 kali pertemuan dalam 2 Siklus. Penelitian ini dilaksanakan dikelas VIII B MTs SA Hidayatul Mubtadiin Sawahan Blitar, dengan jumlah siswa 21 orang yang terdiri dari 13 siswa pria dan 8 siswa wanita pada tahun pelajaran 2011/2012 dengan bahan yang dipakai yaitu berdiri ruang sisi datar limas dan prisma tegak.

Hasil penelitian untuk meningkatkan motivasi dan prestasi berguru matematika siswa melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Siswa Kelas VIII B MTs SA Hidayatul Mubtadiin Sawahan Blitar meningkat, hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya motivasi dan prestasi berguru siswa yang diambil dari hasi post test, angket dan observasi terhadap siswa. Hasil observasi menawarkan bahwa acara guru mengalami peningkatan yaitu presentase acara pada siklus I sebesar 73% dan pada siklus II meningkat menjadi 86%. Sedangkan acara siswa pada siklus I sebesar 66% dan meningkat pada siklus II menjadi 82%. Hasil pre-test dan post-test menawarkan bahwa prestasi siswa mengalami peningkatan yaitu dari presentase ketuntasan siswa pada pre-test spesialuntuk sebesar 10% dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 2 siswa dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 18 siswa, pada post-test I presentase ketuntasan menjadi 24% dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 5 siswa dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 16 siswa, sedangkan pada post-test II presentase ketuntasan siswa mengalami peningkatan menjadi 89% dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 17 siswa dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 2 siswa. Hasil tersebut sesuai dengan hasil analisis pre-test, post-test I dan  post-test II yang sudah dilaksanakan.
Selain itu hasil angket siswa juga menawarkan hasil yang baik, yaitu dari 19 siswa yang sudah mengisi angket sebagian besar siswa menjadi lebih termotivasi, hal ini ditunjukkan dengan presentase hasil angket yang termotivasi sebesar 85% dan yang tidak termotivasi sebesar 15%
0 Komentar untuk "Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Mencar Ilmu Matematika Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Siswa Kelas Viii B Mts Sa Hidayatul Mubtadiin Sawahan Blitar (Pmt-13)"

Back To Top