loading...
Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh pembelajaran di MIN Tunggangri Kalidawir Tulungagung, bahwa metode pembelajaran yang dipakai masih kurang menarikdanunik siswa, sehingga motivasi dan prestasi mencar ilmu siswa untuk mencar ilmu relatif rendah. Mengingat hal tersebut, sebaiknya penyampaian pelajaran dengan model pembelajaran yang menarikdanunik sangat diharapkan, sebab acara mencar ilmu pada anak tergantung pada cara guru dalam memberikan pelajaran. Oleh sebab itu peneliti memakai model pembelajaran kooperatif tipe make a match dalam meningkatkan hasil mencar ilmu IPS pada bahan kegiatan ekonomi dalam memanfaatkan sumber daya alam. Pembelajaran memakai model pembelajaran kooperatif tipe make a match ini diperlukan sanggup meningkatkan hasil mencar ilmu siswa.
Rumusan dilema dalam penulisan skripsi ini yaitu (1) Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada mata pelajaran IPS materi kegiatan ekonomi dalam memanfaatkan sumber daya alam pada siswa kelas IV MIN Tunggangri Kalidawir Tulungagung Tahun Ajaran 2013/2014? (2) Bagaimana peningkatan hasil mencar ilmu IPS bahan kegiatan ekonomi dalam memanfaatkan sumber daya alam dengan memakai model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada siswa kelas IV MIN Tunggangri Kalidawir Tulungagung Tahun Ajaran 2013/2014?
Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini yaitu (1) Untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada mata pelajaran IPS bahan kegiatan ekonomi dalam memanfaatkan sumber daya alam siswa kelas IV MIN Tunggangri Kalidawir Tulungagung. (2) Untuk meningkatkan hasil belajar IPS bahan kegiatan ekonomi dalam memanfaatkan sumber daya alam melalui model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada siswa kelas IV MIN Tunggangri Kalidawir Tulungagung.
Penelitian ini memakai penelitian tindakan kelas (PTK). Dalam PTK tahap penelitian terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Dalam penelitian ini memakai dua siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini memakai observasi, catatan lapangan, wawancara, tes, dan dokumentasi. Observasi dipakai untuk mengamati siswa terhadap pembelajaran dengan memakai model kooperatif tipe make a match. Tes dipakai untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa sehabis memakai model pembelajaran kooperatif tipe make a match. Wawancara dipakai untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe make a match. Dokumentasi yang dipakai untuk mengumpulkan data dengan melihat laporan yang sudah tersedia termasuk foto. Analisis data yang dipakai mencakup beberapa aspek reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan bahan akseptor didik mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai, dengan nilai Kriteria Ketuntasan Minimum 75.
Hasil Penelitian memberikan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan hasil mencar ilmu ips. Hal ini ditunjukkan dengan rata-rata hasil tes pertama 65,4 pada siklus I menjadi 81,8 dan pada siklus II naik menjadi 91,72. Tingkat ketuntasan mencar ilmu juga meningkat dari tes pertama yaitu 29,62%, pada siklus I menjadi 65,51% dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 93,10%. Kesimpulan penelitian ini yaitu dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match sanggup meningkatkan hasil mencar ilmu IPS siswa kelas IV MIN Tunggangri Kalidawir Tulungagung Tahun Ajaran 2013/2014.
0 Komentar untuk "Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Berguru Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Siswa Kelas Iv Min Tunggangri Kalidawir Tulungagung (Ips-1)"