Pengaruh Pembelajaran Melalui Pendekatan Reciprocal Teaching Terhadap Hasil Berguru Matematika Akseptor Didik Kelas Vii Pada Bahan Segi Tiga Di Smp Negeri 1 Boyolangu (Pmt-19)

loading...


Untuk mengatasi ketidaksenangan penerima didik terhadap matematika dibutuhkan adanya pembenahan baik di tenaga pendidikan maupun penerima didik itu sendiri. Apabila pendidik bisa meningkatkan minat berguru penerima didik terhadap matematika, diharapkan kesusahan bisa diatasi. Untuk itu sangat dibutuhkan seorang tenaga pendidikan yang kreatif dan profesional yang bisa memakai pengetahuan dan kecakapannya dalam memakai pengetahuan dan sanggup membawa perubahan dalam tingkah laris anak didiknya.
Banyak pendekatan pengajaran yang merangsang penerima didik untuk berguru mandiri, kreatif, dan lebih aktif dalam mengikuti acara pembelajaran. Salah satu pendekatan pengajaran yang bisa dipakai dalam seni administrasi pembelajaran matematika yang memdiberi peluang kepada penerima didik untuk berguru mandiri, lebih aktif, dan kreatif ialah dengan pendekatan Reciprocal Teahing. Reciprocal Teaching ialah suatu pendekatan terhadap pengajaran penerima didik akan strategi-strategi belajar, yang menerapkan empat seni administrasi yaitu: menyimpulkan materi ajar, menyusun pertanyaan dan menyelesaikan, membuktikan kembali pengetahuan yang sudah diperoleh, kemudian memprediksikan pertanyaan apa yang selanjutnya dari dilema yang disodorkan kepada siswa.
Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah 1) Adakah Pengaruh Pembelajaran Melalui Pendekatan Reciprocal Teaching Terhadap Hasil Belajar Matematika penerima didik kelas VII Pada Materi Segi Tiga Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Boyolangu Tahun Pelajaran 2010/2011?. 2) Seberapa besar Pengaruh Pembelajaran Melalui Pendekatan Reciprocal Teaching Terhadap Hasil Belajar Matematika penerima didik kelas VII Pada Materi Segi Tiga Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Boyolangu Tahun Pelajaran 2010/2011?
Tujuan dari penelitian ini ialah 1) untuk mengetahui Pengaruh Pembelajaran Melalui Pendekatan Reciprocal Teaching Terhadap Hasil Belajar Matematika penerima didik kelas VII Pada Materi Segi Tiga Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Boyolangu Tahun Pelajaran 2010/2011. 2) untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Pembelajaran Melalui Pendekatan Reciprocal Teaching Terhadap Hasil Belajar Matematika penerima didik  kelas VII Pada Materi Segi Tiga Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Boyolangu Tahun Pelajaran 2010/2011.

Pola penelitian yang dipakai yaitu eksperimen, variabel bebas (X) dalam penelitian ini ialah efek pendekatan reciprocal teaching. Sedangkan variabel terikatnya (Y) ialah hasil berguru matematika peserta didik  kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Boyolangu. populasi dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Boyolangu yang berjumlah 321 peserta didik. Dalam pengambilan sampel dipakai metode purposive sampling yaitu diambil dengan tujuan. Sampel yang dipakai dalam penelitian ini sebanyak 74 peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Boyolangu mulai tanggal 09-31 Mei 2011. Teknik yang dipakai untuk pengambilan data yaitu observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh, diolah dengan metode analisis t-test.
Dari hasil penelitian (1) Ada efek yang signifikan pendekatan reciprocal teaching terhadap hasil berguru matematika peserta didik kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Boyolangu pada materi segitiga dengan nilai thitung (= 4,747) > ttabel (5% = 2,000), yang berarti bahwa nilai thitung lebih dari nilai ttabel pada taraf 5%  (2). Sedangkan besar efek pendekatan reciprocal teaching terhadap hasil berguru matematika peserta didik kelas VII pada materi segi tiga di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Boyolangu ialah 19,94%.
Mengacu dari hasil penelitian tersebut sanggup diajukan beberapa masukan, yaitu: (1) Bagi Kepala Agar tujuan Pendidikan Nasional sanggup tercapai secara terbaik sebagai kepala sekolah seharusnya selalu megupayakan dan meningkatkan masukana dan pramasukana pendidikan, guna mengembangkan mutu pendidikan khususnya matematika. (2) Bagi guru, Agar para peserta didik semangat untuk selalu berguru dengan ulet maka guru seharusnya berusaha untuk  meningkatkan keilmuannya untuk meningkatkan hasil berguru peserta didik. (3 ) Hendaknya peserta didik sanggup meningkatkan belajarnya dengan semangat yang tinggi demi tercapainya hasil berguru yang terbaik. (4) Diharapkan sanggup membuatkan pengetahuannya yang berkaitan dengan berguru  peserta didik. Sehingga peserta didik menjadi lebih aktif dalam pembelajaran.
0 Komentar untuk "Pengaruh Pembelajaran Melalui Pendekatan Reciprocal Teaching Terhadap Hasil Berguru Matematika Akseptor Didik Kelas Vii Pada Bahan Segi Tiga Di Smp Negeri 1 Boyolangu (Pmt-19)"

Back To Top