loading...
Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh Kurang terbaiknya proses acara berguru mengajar siswa di sekolah Itu disebabkan, metode pembelajaran dan modul pembelajaran yang dipakai masih bersifat konvensional, sehingga iswa cepat bosan dan pada akibatnya bsebagian siswa belum memahami konsep yang sudah diajarkan. Salah satu solusi untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa terhadap pelajaran matematika ialah menerapkan model pembelajaran Inquiry. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII A Sekolah Menengah Pertama Islam Durenan, Trenggalek.
Permasalahan (1) Bagaimana penerapan model pembelajaran inquiry terhadap pemahaman konsep matematika pada pokok bahasan berdiri ruang sisi datar (prisma dan limas) siswa kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Islam Durenan? (2) Adakah pengaruh penerapan model pembelajaran inquiry terhadap pemahaman konsep matematika pada pokok bahasan berdiri ruang sisi datar (prisma dan limas) siswa kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Islam Durenan?
Pola penelitian dalam penelitian ini ialah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian pre-eksperimental. Sumber data dalam penelitian eksperimen ini ialah siswa kelas VIII A Sekolah Menengah Pertama Islam Durenan yang diambil menurut metode purposive sampling. Metode dan Instrumen pengumpulan data (1). Tes, (2) Wawancara, (3) Observasi, (4) Dokumentasi. Teknik analisis data data yang diambil dari hasil pretest dan posttest yang dianalisis dengan metode statistic memakai uji-t.
Tujuan Penelitian (1) Untuk mengetahui imbas penerapan model pembelajaran Inquiry terhadap pemahaman konsep matematika pada pokok bahasan berdiri ruang sisi datar (prisma dan limas) siswa kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Islam Durenan. (2). Untuk mengetahui seberapa besar imbas penerapan model pembelajaran Inquiry terhadap pemahaman konsep matematika pada pokok bahasan berdiri ruang sisi datar (prisma dan limas) siswa kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Islam Durenan.
Hasil Penelitian Penerapan model pembelajaran Inquiry kelas VIII A di Sekolah Menengah Pertama Islam Durenan sangat memmenolong siswa dalam pembelajaran matematika. Karena dengan adanya penerapan model model pembelajaran Inquiry ini, siswa sanggup lebih simpel memahami konsep yang aneh dalam pembelajaran matematika. Sehingga model pembelajaran inquiry ini bisa membuat mata pelajaran matematika yang dianggab susah dan seram menjadi lebih menarikdanunik dan sangat senang serta bisa dengan simpel diterima siswa. Jadi sanggup disimpulkan bahwa ada imbas penerapan imbas penerapan model pembelajaran Inquiry terhadap pemahaman konsep matematika pada pokok bahasan berdiri ruang sisi datar (prisma dan limas) siswa kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Islam Durenan
Saran-masukan : (1) Hasil Penelitian ini mengatakan bahwa model pembelajaran inquiry sanggup meningkatkan pemahaman konsep matematika. Oleh lantaran itu dibutuhkan guru bidnag study matematika untuk memakai model pembelajaran inquiry sebagai alternative pembelajaran matematika. (2) Mengingat banyak hal kasatmata yang sanggup diperoleh menyerupai meningkatkan pemahaman konsep matematika, maka harus diperhatikan cara penyampaian materi, metode yang digunakan, pengolahan kelas yang baik dan pengaturan waktu pembelajaran seefisien mungkin sehingga tidak mengganggu proses berguru mengajar.
Tag :
Pendidikan Matematika
0 Komentar untuk "Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Pada Pokok Bahasan Berdiri Ruang Sisi Datar (Prisma Dan Limas) Siswa Kelas Viii Di Smp Islam Durenan (Pmt-20)"