loading...
Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh fenomena siswa yang masih kurang aktif dan kreatif dalam pembelajaran dan memanfaatkan banyak sekali sumber berguru sehingga kemampuan dalam pengetahuan dan pemahaman masih kurang berkembang. Hal ini menyebabkan hasil berguru siswa masih kurang terbaik. Pendekatan Resource Based Learning adalah pembelajaran dimana siswa dituntut untuk aktif dalam mencari banyak sekali macam sumber belajar. Pada pendekatan ini, ditegaskan bahwa sumber berguru siswa tidak spesialuntuk pada satu sumber tetapi terdapat banyak sekali macam sumber berguru yang sanggup mendukung proses berguru mengajar. Melalui pendekatan ini dibutuhkan siswa sanggup meningkatkan minat berguru matematika siswa yang pada risikonya akan kuat pada hasil berguru yang lebih baik.
Rumusan problem dalam penelitian ini adalah (1) Apakah ada dampak pendekatan Resource Based Learning terhadap minat belajar matematika siswa MTsN Kanigoro? (2) Apakah ada dampak pendekatan Resource Based Learning terhadap hasil berguru matematika siswa MTsN Kanigoro?. Sedangkan tujuan penelitiannya ialah (1) Untuk mengetahui apakah ada dampak pendekatan Resource Based Learning terhadap minat matematika siswa MTsN Kanigoro. (2) Untuk mengetahui apakah ada dampak pendekatan Resource Based Learning terhadap hasil berguru matematika siswa MTsN Kanigoro.
Pola penelitian yang dipakai yaitu penelitian eksperimen dengan desain eksperimen sejati (True Experimental Design) tipe Posttest-Only Control Desiqn. Variabel bebas dalam penelitian ini ialah pendekatan Resource Based Learning (x). Sedangkan variabel terikatnya adalah minat (y) dan hasil belajar matematika siswa, (y). Populasi dalam penelitian ini ialah keseluruhan siswa kelas VIII MTsN Kanigoro tahun aliran 2011/2012. Pengambilan sampel yang dipakai ialah metode random Sampling alasannya diasumsikan populasi tersebut homogen dan sudah mencapai bahan yang sama. Sampel yang dipakai dalam penelitian ini sebanyak 78 siswa.
Dalam Penelitian ini dipakai metode observasi, metode interview, metode pemdiberian tes, metode angket, dan metode dokumentasi. Untuk analisis data peneliti memakai uji homogenitas, uji normalitas, uji t-test, dan uji Chi-Square. Sesudah data dianalisis, risikonya sanggup diambil kesimpulan bahwa (1) Ada dampak pendekatan Resource Based Learning terhadap minat belajar matematika siswa MTsN Kanigoro dengan koefisien = 2,275 > = 2,000 (5%) (2) Ada dampak pendekatan Resource Based Learning terhadap hasil belajar matematika siswa MTsN Kanigoro dengan koefisien = 2,337 > = 2,000 (5%).
Tag :
Pendidikan Matematika
0 Komentar untuk "Pengaruh Pendekatan Resource Based Learning Terhadap Minat Dan Hasil Berguru Matematika Siswa Mtsn Kanigoro (Pmt-59)"