loading...
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Dunia pendidikan pada ketika ini semakin kompleks dan tentunya banyak sekali banyak sekali macam problematika yang muncul seiring berjalannya waktu, namun dengan adanya problematika tersebut dunia pendidikann khususnya di Indonesia semakin usang semakin ada pembaharuan baik dari segi fisik maupun non fisik yang berkaitan dengan pendidikan.
melaluiataubersamaini mengacu pada Undang-undang Republik Indonesia tahun 2003 wacana ssitem pendidikan nasional yang mencakupkan wacana fungsi dan tujuan pendidikan nasional, maka banyak sekali upaya pemerintah serta masyarakat Indonesia dalam mempersembahkan pengorbanan demi kemajuan dunia pendidikan nasional Indonesia.
Fungsi dan tujuan pendidikan nasional Indonesia yaitu :
“Pendidikan nasional berfungsi membuatkan kemampuan dan membentuk tabiat serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupanbangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi akseptor didik semoga menjadi insan yang diberiman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat,diberilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi masyarakat negara yang demokratis sertabertanggung jawa”.[1]
Selanjutnya dengan adanya tujuan yang dicanangkan itu maka setiap individu masyarakat Indonesia mempunyai kewajiban untuk ikut berpartisipsi dalam upaya memajukan dunia pendidikan Indonesia . Apalagi dalam dunia sekolah atau lembaga-lembaga pendidikan yang menyebar diseluruh penjuru Indonesia .
Untuk mewujudkan tujuan dari pendidikan nasional tersebut, maka diharapkan perencanaan serta aplikasi dari perencanaan itu yang kemudian bisa didapatkan sebuah hasil darinya. Selain itu pemdiberian kelengkapan masukana dan pramasukana terhadap forum pendidikan juga sangat mempengaruhi keberhasilan dari perencanaan tersebut.
Upaya kita dalam memajukan kualitas pendidikan di Indonesia yaitu dengan pengelolaan administrasi pendidikan pada lembaga-lembaga sekolah. Seperti pendapat ngalim purwanto "Tanpa administrasi dan kepemimpinan yang baik, susah kiranya bagi sekolah untuk mencar ilmu lancar menuju kearah tujuan pendidikan dan pengajaran yang dicapai sekolah itu".[2]
Manajemen pendidikan ialah hal yang sangat kuat terhadap kelancaran proses mencar ilmu pada forum sekolah dan ini tidak bisa dikesampingkan alasannya ialah niscaya berdampak pada hasil / output dari proses pendidikan jika dalam administrasi pendidikannya ada yang tidak beres.
Untuk itu pembenahan tiruana sistem yang berkaitan dengan dunia pendidikan di Indonesia harus selalu diupayakan untuk semakin diperbaiki, alasannya ialah spesialuntuk itulah yang bisa menjadi impian kita untuk memajukan dunia pendidikan di Indonesia .
Sejalan silamnya waktu tentunya sudah banyak yang dikerjakan dalam pembenahan dunia pendidikan Indonesia, namun masih banyak belum sempurnanya-belum sempurnanya yang semestinya sudah tidak ada lagi, dan itu perlu dikaji bahkan diteliti hingga pada akar permasalahannya, kenapa hal ini bisa terjadi, untuk itulah penelitian ini penulis seriuskan pada permaslahan administrasi pendidikan yang kiranya mempunyai efek terhadap kemajuan pendidikan nasional Indonesia.
Dalam penelitian ini penulis mencari sumber penelitian tepatnya di MAN Tulungagung 1, Berdasarkan observasi pertama yang dilakukan peneliti, MAN Tulungagung 1 ialah sekolah setingkat Sekolah Menengan Atas yang mempunyai peraturan yang cukup ketat dalam mewujudkan lingkungan mencar ilmu yang baik guna mencapai tujuan pendidikan. Mulai dari kegiatan mencar ilmu wajib hingga kegiatan pelajaran pemanis yang diadakan di sekolah. Selain siswa diharuskan mengikuti pelajaran, pihak sekolah juga mengharuskan siswa untuk mengikuti atau menunaikan ibadah sesuai aktivitas yang ditentukan sebagai pola tilawah atau baca Al Alquran setiap pagi dan shalat berjama’ah setiap shlat dzuhur ini dilakukan dengan tujuan semoga tiruana siswa sanggup membiasakan diri untuk diberibadah sesuai pedoman agama Islam. Dalam proses itu tiruana niscaya tidak lepas dari tugas aktif administrasi pendidikan yang dikelola oleh MAN Tulungagung 1.
Untuk itulah peneliti berusaha mencari tugas administrasi pendidikan terhadap kwalitas proses mencar ilmu mengajar di MAN Tulungagung 1.
skripsi pendidikan agama islam, skripsi pendidikan agama islam kualitatif pdf, skripsi pendidikan agama islam kualitatif terbaru, skripsi pendidikan agama islam kuantitatif, skripsi pendidikan agama islam doc, skripsi pendidikan agama islam kuantitatif pdf, skripsi pendidikan agama islam download, skripsi pendidikan agama islam wacana akhlak, skripsi pendidikan agama islam pdf, skripsi pendidikan agama islam jurusan tarbiyah, skripsi pendidikan agama islam kualitatif, skripsi efek pendidikan agama islam terhadap sopan santun siswa, aneh skripsi pendidikan agama islam, pola aneh skripsi pendidikan agama islam, proposal skripsi efek pendidikan agama islam terhadap sopan santun siswa, skripsi pendidikan agama islam pada anak usia dini, artikel skripsi pendidikan agama islam, angket skripsi pendidikan agama islam, analisis skripsi pendidikan agama islam, pola skripsi efek pendidikan agama islam terhadap sopan santun siswa, skripsi pendidikan agama islam kepingan 1, judul skripsi pendidikan agama islam beserta rumusan masalah, materi skripsi pendidikan agama islam, latar belakang skripsi pendidikan agama islam, kepingan i skripsi pendidikan agama islam, pola latar belakang skripsi pendidikan agama islam, pola kepingan 1 skripsi pendidikan agama islam, skripsi motivasi mencar ilmu pendidikan agama islam, skripsi peranan pendidikan agama islam dalam membina etika berpakaian siswi, skripsi efek pendidikan agama islam terhadap motivasi sholat berjamaah, pola skripsi pendidikan agama islam di sd, pola proposal skripsi pendidikan agama islam jurusan tarbiyah, judul skripsi pendidikan agama islam.com, pola skripsi pendidikan agama islam jurusan tarbiyah, pola skripsi pendidikan agama islam, pola skripsi pendidikan agama islam pdf, pola skripsi pendidikan agama islam kualitatif, pola skripsi pendidikan agama islam kuantitatif, pola skripsi pendidikan agama islam jurusan tarbiyah pdf, pola skripsi pendidikan agama islam lengkap, skripsi pendidikan agama islam dalam keluarga, skripsi pendidikan agama islam di tk, skripsi pendidikan agama islam document, skripsi pendidikan agama islam di smp, pola proposal skripsi pendidikan agama islam doc, skripsi pendidikan agama islam kuantitatif doc, skripsi pendidikan agama islam kualitatif doc, skripsi penilaian pendidikan agama islam, skripsi eksperimen pendidikan agama islam, skripsi efektifitas pembelajaran pendidikan agama islam, skripsi efektivitas pembelajaran pendidikan agama islam, judul skripsi fakultas pendidikan agama islam, pola judul skripsi fakultas pendidikan agama islam, judul skripsi fakultas tarbiyah jurusan pendidikan agama islam, file skripsi pendidikan agama islam, skripsi fakultas tarbiyah jurusan pendidikan agama islam, download skripsi pendidikan agama islam tarbiyah gratis, judul skripsi pendidikan agama islam, judul skripsi pendidikan agama islam kualitatif terbaru, judul skripsi pendidikan agama islam kualitatif, judul skripsi pendidikan agama islam terbaru, judul skripsi pendidikan agama islam jurusan tarbiyah, skripsi jurusan pendidikan agama islam, judul skripsi pendidikan agama islam 2016, kumpulan skripsi pendidikan agama islam pdf, judul skripsi pendidikan agama islam kuantitatif, skripsi pendidikan agama islam lengkap, judul skripsi pendidikan agama islam library research, judul skripsi pendidikan agama islam literatur
Tag :
Pendidikan,
Pendidikan Agama Islam
0 Komentar untuk "Peran Administrasi Pendidikan Terhadap Kualitas Proses Berguru Mengajar Di Man Tulungagung 1 (Pai-49)"