Analisis Kelembagaan Dan Produktivitas Usahatani Padi Pada Sistem Irigasi … (Prt-71)

loading...
BAB I 
PENDAHULUAN

1.1    Latar Belakang Penelitian
Sektor pertanian hingga ketika ini masih memegang peranan penting di dalam menunjang perekonomian nasional. Hal ini disebabkan sebagian besar masyarakat Indonesia bekerja dan hidup dari sektor pertanian, sehingga perekonomian Indonesia masih sangat tergantung pada kemajuan pembangunan sektor pertanian.   
Kebutuhan akan materi makanan dari ditemukannya teknologi menanam padi sepertinya sudah merangsang munculnya bentuk-bentuk kerjasama dalam sistem pertanian, termasuk di dalamnya terkena cara pengaturan dan penerapan air secara bersama . Kegiatan menyerupai ini tentu saja harus dilaksanakan secara mandiri, lantaran hasil dari kegiatan pertanian itu akan dipergunakan untuk kebutuhannya sendiri.
melaluiataubersamaini teknologi yang sangat sederhana, tentu saja produktivitas yang dicapai tidak memadai. Kebutuhan pemerintah untuk meningkatkan produktivitas lahan dan juga produktivitas tenaga kerja untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang semakin meningkat, mendorong pemerintah untuk melaksanakan intervensi terhadap sistem irigasi. 

Organisasi tradisional petani yang mengelola air Irigasi sanggup dijumpai di banyak sekali belahan dunia. Subak adalah suatu sistem irigasi di Bali yang sudah ada ratusan tahun yang lalu. Namun demikian, belum sanggup diketahui dengan niscaya ihwal kapan dan bagaimana subak pertama kali dibentuk.

Fungsi air di dalam sistem irigasi subak ini sangatlah penting dimana dalam proses penanaman air dipakai untuk menyediakan kelembaban tanah yang diharapkan untuk pertumbuhan tanam-tanaman. Tanaman, apabila belum sempurnanya air, akan menderita tekanan (stress) sehingga mati. Demikian pula, apabila terlampau banyak air, sanggup mengalami becek yang berakibat simpulan hidup pula. melaluiataubersamaini demikian untuk menghasilkan pguan yang baik, masyarakat Bali berhubungan dengan pemerintah untuk melaksanakan pengelolaan terhadap lahan yang digarap yang kemudian membentuk sebuah organisasi pengelolaan air yang biasa disebut dengan subak.
melaluiataubersamaini adanya sistem irigasi diharapkan sanggup meningkatkan hasil pguan yang sanggup meningkatkan produktivitas pada kawasan setempat, maka perlu diadakannya Analisis Kelembagaan dan Produktivitas Usahatani Padi Pada Sistem Irigasi “ Subak “.


Tag : Pertanian
0 Komentar untuk "Analisis Kelembagaan Dan Produktivitas Usahatani Padi Pada Sistem Irigasi … (Prt-71)"

Back To Top