Pola Berpikir Siswa Menurut Teori Bruner Pada Tahapan Simbolik Terkait Bahan Berdiri Ruang Kelas V-A Mi Miftahul Huda Tawarejo Wonodadi Blitar (Pmt-64)

loading...

Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh minimnya pengetahuan guru terhadap banyak sekali metode-metode pembelajaran yang bisa diterapkan di kelas terhadap materi yang diajarkan, minat berguru yang rendah dari para siswa serta monotonnya aktivitas berguru mengajar, yang mana sering didominasi oleh gurunya sebagai penceramah sehingga siswa spesialuntuk berperan sebagai pendengar yang pasif. Fenomena menyerupai inilah yang menunjukkan bahwa kemampuan dan keadaan siswa masih jauh dari keadaan ideal yang diharapkan. Dalam hal ini peneliti menggali potensi dasar yang dimiliki siswa dengan dengan banyak sekali upaya yang salah satunya dengan  mengaitkannya dengan teori berguru berdasarkan Jerome Bruner pada tahapan simbolik.

Rumusan problem dalam penulisan skripsi ini yaitu : (1) Bagaimana teladan berpikir siswa berdasarkan Teori Bruner pada tahapan simbolik terkait materi bangkit ruang kelas V-A MI Miftahul Huda Tawangrejo Wonodadi Blitar tahun pemikiran 2011/2012 ? (2) bagaimana analisis pemahaman siswa terhadap materi bangkit ruang terhadap tahapan simbolik berguru Bruner pada materi bangkit ruang kelas V-A MI Miftahul Huda Tawangrejo Wonodadi Blitar ?
Skripsi ini bermanfaa bagi penulis untuk menambah wawasan teladan pikir, perilaku dan pengalaman sebagai upaya peningkatan kualitas profesi sebagai pengajar. Bagi siswa MI Miftahul Huda Tawangrejo Wonodadi Blitar, sebagai dukungan pemikiran dalam rangka training dan peningkatan mutu pengajaran, baik bagi para guru maupun forum pendidikan. Bagi para pembaca sebagai materi masukan atau rujukan yang cukup berarti.
Dalam penelitian ini dipakai metode kualitatif deskriptif, metode wawancara, dan metode angket. Dari metode diatas diperoleh hasil pekerjaan siswa yang mana kesudahannya akan dianalisa oleh peneliti hingga sejauh mana pemahaman dan teladan berpikir mereka jika di hubungkan dengan teladan berpikir berdasarkan Teori Bruner pada tahapan simbolik.
Hasil dari penelitian yang dilakukan yaitu ada 9 siswa MI Miftahul Huda Tawangrejo Wonodadi Blitar Kelas V-A sudah sesuai pada teladan berpikir Teori Bruner pada tahapan simbolik, dan 6 siswa teladan berpikirnya belum sesuai dengan teladan berpikir Bruner pada tahapan simbolik artinya mereka belum bisa memanipulasi simbol-simbol secara eksklusif dan tidak ada kaitannya dengan objek-objek.
0 Komentar untuk "Pola Berpikir Siswa Menurut Teori Bruner Pada Tahapan Simbolik Terkait Bahan Berdiri Ruang Kelas V-A Mi Miftahul Huda Tawarejo Wonodadi Blitar (Pmt-64)"

Back To Top