Analisis Beberapa Faktor Yang Mensugesti Kepuasan Kerja Penyuluh Pertanian Pada Bipp-Kp Kabupaten …(Prt-66)

loading...
BAB  I
PENDAHULUAN

1.1.     Latar Belakang
BIPP-KP (Balai Informasi Penyuluhan Pertanian dan Ketahanan Pangan) Kabupaten Kediri mempunyai kiprah pokok dan fungsi :
a.                     Pengkajian, perencanaan, koordinasi, Perumusan kebijakan teknis dibidang penyuluhan, informasi, komunikasi penyuluhan pertanian agribisnis, agroindustri dan ketahanan pangan.
b.                   Penyediaan data dan rekomendasi pembangunan penyuluhan agribisnis, agroindustri dan ketahanan pangan.
c.                   Pelayanan teknis dibidang penyuluhan, gosip dan komunikasi pembangunan pertanian agribisnis, agroindustri dan ketahanan pangan.
Penyuluh Pertanian, ialah Pegawai Negri Sipil yang didiberi kiprah melaksanakan acara Penyuluhan Pertanian secara penuh oleh pejabat yang berwenang pada satuan organisasi lingkup pertanian.

Penyuluhan Pertanian, ialah sistem pendidikan luar sekolah di bidang pertanian untuk petani, dan keluarganya serta anggota masyarakat pertanian biar dinamika dan kemampuannya dalam memperbaiki kehidupan dan penghidupannya dengan kekuatan sendiri sanggup berkembang, sehingga sanggup meningkatkan peranan dan kiprah sertanya dalam pembangunan pertanian.

Semangat kerja ialah sikap dasar seseorang dalam melaksanakan kiprah pekerjaan. Semangat kerja akan tumbuh dan berkembang apabila ada motivasi yang tepat, kondisi lingkungan kerja dirasakan nyaman, pekerjaan yang dilakukannya dihargai sebagai karya manusiawi melalui pemdiberian imbalan / penghargaan yang masuk akal dan ada peluang untuk berprestasi. Semangat kerja yang timbul pada diri seorang juga dikarenakan adanya kebutuhan. Kebutuhan yang diinginkan mendorong seseorang berperilaku untuk memenuhi tingkat kebutuhannya, oleh alasannya ialah semangat kerja yang ditimbulkan seseoraang dalam melaksanakan kiprah pekerjaanya, tidak bisa terlepas dari perjuangan untuk mencapai kepuasan kerja.

Kepuasan seseorang dalam bekerja salah satunya ialah sanggup memenuhi kebutuhan pokoknya menyerupai sandang, pangan dan papan, yang sanggup dibeli dengan uang yang didapatkan dari imbalan / hasil kerja yang disebut dengan penghasilan. Kenaikan penghasilan pada Penyuluh Pertanian sebagai pegawai negeri sipil ada kekerabatan dengan kenaikan pangkat. Selain kenaikan pangkat juga ialah kenaikan jenjang kepegawaian yang bisa dinilai sebagai prestasi kerja. Dapat dirasakan kalau kebutuhan pokok sanggup dicapai dan prestasi kerja dianggap meningkat, akan didapatkan kepuasan kerja. melaluiataubersamaini demikian dimungkinkan ada imbas kenaikan pangkat dengan kepuasan kerja.

Pemdiberian motivasi oleh pimpinan kepada Penyuluh Pertanian sangat dibutuhkan untuk menambah gairah dan meningkatkan semangat kerjanya, sehingga Penyuluh Pertanian yang ada diharapkan bisa melaksanakan kiprah pekerjaanya sesuai dengan tujuan forum yang pada gilirannya akan sanggup meningkatkan keberhasilan forum tersebut.

Manusia sebagai makhluk sosial secara naluri ingin bergaul dengan insan lain, bekerjasama antar manusia. Dalam menuntaskan pekerjaan untuk mencapai kepuasan kerja insan akan terlibat dalam kekerabatan kerja. Hubungan antara atasan dengan bawahan, kekerabatan sesama mitra se level kerja, atau kekerabatan dengan pihak lainnya.yang berkaitan dengan penyelesaian pekerjaan. Hubungan ini perlu dipertamai dengan kontak sosial dan dilanjutkan dengan komunikasi yang lancar yang dilandasi dengan rasa saling membutuhkan, saling menghargai dan saling menghormati. Jika kekerabatan ini serasi sanggup memperlancar kekerabatan kerja untuk meningkatkan hasil kerja dan mencipkan kepuasan kerja.

Hasil pekerjaan yang dihargai sebagai karya manusiawi melalui pemdiberian imbalan / penghargaan ialah suatu pujian bagi yang melaksanakan pekerjaan tersebut, apalagi bila prestasi kerja dinilai dan didiberikan penghargaan (reward) akan sanggup menumbuhkan kepuasan kerja bagi pegawai. Bekerja bisa ialah seni untuk mencapai kepuasan kerja, hasil kerja yang dicapai ialah ialah hasil karya rasa dan cipta manusia, yang bermanfaa dan mempunyai kegunaan bagi insan lain. Apabila orang lain merasa puas menikmati hasil kerja maka yang bekerja akan menerima kepuasan kerja alasannya ialah sanggup memuaskan orang lain.
Usaha meningkatkan kepuasan kerja Penyuluh Pertanian di BIPP-KP Kabupaten Kediri , dimungkinkan sanggup dilakukan dengan cara pemdiberian motivasi yang sempurna dari pimpinan, kenaikan pangkat yang lancar, perbaikan lingkungan kerja yang serasi dan pemdiberian penghargaan (reward) pada Penyuluh Pertanian yang berprestasi dalam pekerjaannya.

Menurut D Yoder dalam A. Salim (2001 : 3) Manajemen kepegawaian ialah proses perencanaan, pengarahan dan pelatihan pegawai menuju tercapainya tujuan organisasi. Tujuan administrasi kepegawaian ialah :
1.                        Mendapatkan pegawai yang cukup sesuai dengan kebutuhan organisasi, dalam arti jumlah maupun mutu pegawai yang diperlukan.
2.                        Mendayagunakan pegawai menuju tercapainya tujuan organisasi.
3.                        Menciptakan suasana dan kekerabatan kerja yang memuaskan untuk seluruh pegawai.
4.                        Membina dan membuatkan kemampuan pegawai secara terbaik, untuk perseorangan maupun kelompok pegawai secara keseluruhan.
5.                        Meningkatkan kesejahteraan pegawai, jasmani maupun rohani.
 Dari latar belakang tersebut maka penulis akan mengadakan penelitian yang berjudul “ Analisis beberapa faktor yang mempengaruhi kepuasan kerja penyuluh pertanian pada BIPP-KP Kabupaten Kediri ”.


Tag : Pertanian
0 Komentar untuk "Analisis Beberapa Faktor Yang Mensugesti Kepuasan Kerja Penyuluh Pertanian Pada Bipp-Kp Kabupaten …(Prt-66)"

Back To Top