loading...
Latar Belakang Masalah: Guru harus bisa menumbuhkan motivasi pribadi maupun tidak langsung, alasannya ialah ke tiruana itu akan besar lengan berkuasa kepada kemampuan siswa untuk meningkatkan minat serta prestasi dan hasil belajar. Guru ialah faktor penting yang besar pengaruhnya terhadap keberhasilan implementasi Kurikulum. Kemampuan menggerakkan siswa-siswa untuk berguru belum tentu dimiliki setiap guru. melaluiataubersamaini kata lain dalam dunia pendidikan tidak tiruana guru bisa menggerakkan siswa-siswinya untuk berguru dengan memperhatikan prinsip-prinsip : penerima didik akan bekerja keras jikalau punya minat dan perhatian terhadap pekerjaannya, mempersembahkan kiprah yang terperinci dan sanggup dimengerti, mempersembahkan penghargaan terhadap hasil kerja dan prestasi penerima didik, memakai hadiah dan eksekusi secara efektif dan efisien.
Rumusan Masalah: 1) Bagaimanakah minat siswa terhadap forum pendidikan Islam MTs Negeri Jabung Talun Blitar, 2) Bagaimana seni administrasi MTs Negeri Jabung Talun Blitar untuk meningkatkan minat siswa untuk berguru di forum pendidikan Islam, 3) Apa factor-faktor yang mensugesti minat siswa terhadap forum pendidikan Islam MTs Negeri Jabung Talun Blitar.
Tujuan Penelitian 1) Untuk mendeskripsikan minat siswa terhadap forum pendidikan Islam MTs Negeri Jabung Talun Blitar, 2)Untuk mendeskripsikan factor-faktor yang mensugesti minat siswa terhadap forum pendidikan Islam MTs Negeri Jabung Talun Blitar, 3) Untuk mendeskripsikan seni administrasi MTs Negeri Jabung Talun Blitar untuk meningkatkan minat siswa untuk berguru di forum pendidikan Islam
Metode Penelitian: Pendekatan kualitatif fenomenologik, pengumpulan data dilakukan dengan memakai metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk menghindari kesalahan, maka diadakan keabsahan data dengan dependability, transferability, konfirmability data.
Hasil penelitian: 1) Minat siswa terhadap forum pendidikan Islam MTs Negeri Jabung Talun Blitar, siswa menjadi kian minat dikarenakan dalam pendidikan Islam mengajarkan nilai-nilai agama dan nilai-nilai kehidupan yang tentunya hal itu tidak dimiliki atau tidak diajarkan dalam pendidikan lain, 2) Strategi MTs Negeri Jabung Talun Blitar untuk meningkatkan minat siswa untuk berguru di forum pendidikan Islam, penjajagan kebutuhan, perencaan kegiatan, pelaksanaan kegiatan, pemantauan dan penilaian program. Selain itu dengan cara merencanaan kegiatan madrasah ini harus mencakup beberapa aspek indicator atau sasaran mutu apa yang akan dicapai dalam tahun tersebut sebagai proses peningkatan mutu pendidikan, 3) Faktor-faktor yang mensugesti minat siswa terhadap forum pendidikan Islam MTs Negeri Jabung Talun Blitar; Faktor intern berupa : Kurangnya kemampuan dasar (intelegensi) anakdidik, Kurangnya talenta khusus untuk suatu situasi berguru tertentu, Kurangnnya minat terhadap situasi belajar, Kurangnya motivasi akan dorongan untuk belajar, Situasi pribadi, terutama emosional yang dihadapi anakdidik tertentu, Faktor jasmaniah alasannya ialah cacat, Faktor bawaan (hereditas). Faktor lingkungan sekolah yang kurang memadai. Situasi keluarga, broken home, masalahnya ekonomi, kurang perhatian terhadap pendidikan sering pindah daerah dan sebagainya

Tag :
Pendidikan Agama Islam
0 Komentar untuk "Minat Siswa Terhadap Forum Pendidikan Islam (Studi Masalah Di Mts Negeri Jabung Talun Blitar) (Pai-65)"