Upaya Meningkatkan Prestasi Berguru Matematika Pada Bahan Keliling Dan Luas Persegi Dan Persegi Panjang Dengan Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Efektif Dan Menyenangkan (Paikem) Melalui Metode Outbound Pada Siswa Kelas Iii Sdn (Pmt-65)

loading...

Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh realitas, dimana secara umum dikuasai guru di Indonesia masih memakai pendekatan tradisional dalam aktifitas pembelajaran, dan pendekatan tradisional dirasa tidak bisa menggali potensi terbesar anak didik, kreatifitas anak tidak berkembang, dan siswa menjadi jenuh dan bosan. Dalam hal ini peneliti akan meningkatkan prestasi mencar ilmu matematika siswa dengan PAIKEM melalui metode outbound  pada siswa kelas III SDN I Karangwaru Kabupaten Tulungagung.
Adapun serius penelitian dalam penulisan skripsi ini yakni (1) Bagaimana PAIKEM dengan metode outbound dapat meningkatkan prestasi mencar ilmu matematika pada siswa kelas III SDN 1 Karangwaru Tulungagung? (2) Apakah prestasi mencar ilmu matematika siswa meningkat melalui PAIKEM dengan metode outbound pada kelas III SDN 1 Karangwaru Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam hal ini adalah (1) untuk mendiskripsikan proses PAIKEM dengan metode outbound dapat meningkatkan prestasi mencar ilmu matematika pada siswa kelas III SDN 1 Karangwaru Tulungagung (2) untuk mengetahui peningkatan prestasi mencar ilmu matematika siswa kelas III SDN 1 Karangwaru Tulungagung melalui PAIKEM dengan metode outbound.

Dalam penelitian ini dipakai metode tes, observasi, wawancara, dan catatan lapangan. tes dipakai untuk mengetahui sejauh mana tingkat penguasaan siswa terhadap materi, observasi dilakukan untuk mengamati aktivitas dikelas selama pembelajaran berlangsung, hasil catatan lapangan dipakai untuk mengetahui sejauh mana aktifitas peneliti dan siswa yang tidak terdapat dalam indikator keberhasilan pembelajaran, wawancara memerlukan seni administrasi tertentu biar subyek penelitian bahagia mempersembahkan keterangan yang diperlukan.
 
Adapun proses pembelajarannya dilakukan  beberapa tahap pada bahan Keliling dan Luas Persegi dan Persegi Panjang. Masing-masing tahap  terdiri dari aktivitas pertama, aktivitas inti dan aktivitas akhir. Kegiatan pertama dimaksudkan untuk mempersiapkan siswa secara fisik dan mental untuk menghadapi aktivitas inti dengan mengingat kembali bahan prasyarat. Kegiatan inti dimaksudkan untuk memmenolong siswa memahami bahan Keliling dan Luas Persegi dan Persegi Panjang dengan memakai alat peraga dan permainan yang terstruktur. Kegiatan selesai dimaksudkan untuk mengetahui pemahaman siswa perihal  bahan dengan mempersembahkan soal-soal tes kepada masing-masing siswa sehingga sanggup diketahui prestasi belajarnya. Serta diharapkan terjadi peningkatan Prestasi

xvi
 
Penerapan PAIKEM melaui metode outbound memmenolong meningkatkan prestasi mencar ilmu matematika siswa kelas III SDN 1 Karangwaru Tulungagung mengalami peningkatan yang signifikan Prestasi mencar ilmu matematika siswa juga mengalami peningkatan yang signifikan dari siklus I ke siklus II yaitu sebesar 17%, pada siklus I persentase ketuntasan prestasi belajarnya 79% dengan kategori cukup dan siklus II 96% dengan kategori baik.

0 Komentar untuk "Upaya Meningkatkan Prestasi Berguru Matematika Pada Bahan Keliling Dan Luas Persegi Dan Persegi Panjang Dengan Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Efektif Dan Menyenangkan (Paikem) Melalui Metode Outbound Pada Siswa Kelas Iii Sdn (Pmt-65)"

Back To Top